Lensa Kuliner

Unik, Sejarah Kopi Joss Minuman Khas Yogyakarta

Tak henti-hentinya Indonesia memiliki daya tarik istimewa di mata semua orang baik itu keindahan alam yang menarik, namun juga memiliki banyak kuliner yang tak kalah menarik di setiap daerahnya.

Mungkin tak ada yang bisa membantah bahwa, Indonesia jarang sekali mengecawakan soal kuliner menarik yang selalu ada di setiap pelosok daerahnya, termasuk minuman tradisionalnya. Salah satunya adalah Kopi Joss khas Yogyakarta.

kopi Joss adalah kopi khas Yogyakarta yang disajikan bersama arang panas. Arang panas dimasukkan ke dalam seduhan kopi hitam dan gula untuk kemudian dihidangkan. Kopi ini biasanya dijual di angkringan-angkringan di Yogyakarta.

Tak banyak yang tau bagaimana sejarah dari Kopi Joss ini. Kopi Joss pertama kali dibuat di sebuah angkringan yang berlokasi di utara Stasiun Tugu pada akhir tahun 1980. Saat itu ada seorang masinis yang singgah dan meminta dibuatkan kopi di angkringan tersebut. Para pelanggan ini kebanyakan berasal dari Jawa Timur dan sering memesan kopi kothok, kopi yang jamak di Jawa Timur yang dibuat dengan cara merebus kopi, gula dan air secara bersamaan.

Namun kala itu pemilik angkringan tidak bisa membuat kopi kothok, sehingga pemilik berinisiatif untuk mencemplungkan arang menyala ke dalam minuman kopi. Dari sana, banyak pelanggan yang suka kopi arang tersebut dan menyebutnya sebagai Kopi Joss. Kopi Joss kemudian banyak ditiru pedagang lain dan menjadi salah satu sajian khas Yogyakarta

Tak hanya unik, Kopi Joss juga dipercaya memiliki manfaat, di antaranya, untuk menghilangkan penyakit seperti kembung, mulas dan obat sakit perut. Menurut ahli kesehatan, kandungan kafein pada kopi joss dipercaya rendah karena dinetralisasi oleh arang yang juga berfungsi mengikat polutan dan racun jika dibakar lebih dari 250 derajat celcius.

Sahabat lensa44 tidak perlu khawatir, minuman Kopi Joss ini dijual dengan harga yang murah, sahabat lensa44 hanya perlu mengeluarkan uang kisaran Rp5.000 untuk kopi hitam dan Rp6.000 untuk kopi susu, dengan harga yang murah meriah ini, sahabat lensa44 sudah bisa menikmati minuman khas Yogyakarta. (EGA/L44)

Share

One thought on “Unik, Sejarah Kopi Joss Minuman Khas Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *