Kemenag Bocorkan Kuota Haji Penuh untuk Indonesia Tahun 2023

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, membocorkan adanya kemungkinan bahwa Indonesia akan mendapatkan kuota penuh untuk ibadah haji pada 2023 mendatang.

“Insya Allah kuotanya penuh. karena dari sana (Arab Saudi) bahasanya begitu,” kata Latief dalam keterangannya, dikutip pada Kamis (1/12).

Kendati begitu, Latief mengaku belum bisa merinci berapa jumlah kuota yang disebut ‘penuh’ oleh pemerintah Arab Saudi. Namun, ia memastikan pihaknya telah membicarakan hal ini, mengingat Indonesia sebagai negara terbanyak yang mendatangkan jamaah haji.

Ia pun menjelaskan, bahwa Menteri Agama RI telah dijadwalkan untuk meneken MoU dengam Arab Saudi pada 9 Januari 2023 mendatang.

Kesepakatan itu, katanya, terkait dengan seluruh kontrak layanan, baik akomodasi, transportasi, konsumsi maupun masya’ir.

Wacana jatah kuota penuh untuk Indonesia ini, tentu menjadi angin segar bagi para calon jamaah haji dari tanah air.

Pasalnya, sejak dihantam pandemi Covid-19, pemerintah arab Saudi memutuskan untuk mengurangi kuota haji dari setiap negara di dunia. Indonesia sendiri, tahun ini hanya mengirimkan sebanyak 100.052 jamaah. (AKM/L44)

Share