Lensa Jogja

Entas Kemiskinan dan Pengangguran, Desa Sendangsari Gulirkan Padat Karya

Pemerintah Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, kembali menggulirkan  program padat karya, guna menekan angka pengangguran serta mengurangi angka kemiskinan. Proyek padat karya kali ini, berupa pembangunan badan jalan di tiga pedukuhan, yakni Dadapbong, Kamijoro dan Mangir Tengah.

Lurah Desa Sendangsari, Durori meninjau langsung pelaksanaan program padat karya ini. Didampingi anggota Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari, dirinya menyempatkan diri melakukan pengecoran perdana sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut.

Program itu disambut antusias oleh warga setempat, utamanya yang terlibat langsung dalam kegiatan program padat karya, yang digulirkan oleh pemerintah desa sendangsari tersebut.

Sedikitnya ada 25 orang pekerja, yang dilibatkan dalam program padat karya ini. Selama sepuluh hari ke depan, mereka akan melakukan pengerasan jalan secara bergotong royong, dengan insentif yang sudah ditentukan.

Program ini digulirkan, sebagai bagian dari treatmen untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Desa Sendangsari.

Selain kamijoro, ada dua pedukuhan lainnya yang menjadi sasaran program padat karya tahun ini, yakni Pedukuhan Dadpbong dengan nominal anggaran sebesar 4 juta rupiah, serta pedukuhan mangir tengah senilai 35 juta rupiah. Sementara di kamijoro sendiri, sebesar 35 rupiah yang keseluruhannya bersumber dari dana desa.

Nominal tersebut, disesuaikan dengan kebutuhan infrastruktur yang menjadi sasaran pembangunan. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *