Lensa Kuliner

Sup Rumput Laut, Makanan Khas Korea Sebagai Tanda Kelahiran

Sup Rumput Laut memang sudah tidak asing bagi pecinta Korea. Hidangan yang satu ini sering diperlihatkan pada drama-drama Korea. Uniknya, Sup Rumput Laut biasanya dijadikan hidangan untuk perayaan ulang tahun di Korea.

Sup Rumput Laut atau yang disebut Miyeok-Gu, awalnya diberikan kepada wanita yang baru saja melahirkan. Masyarakat Korea menyadari dan percaya, bahwa ikan paus memakan rumput laut pasca melahirkan, untuk mempercepat pemulihannya. Sehingga rumput laut dipercaya mempercepat proses pemulihan.

Karena tradisi tersebut, hingga sekarang Sup Rumput Laut dimaknai sebagai tanda kelahiran. Inilah sebabnya setiap perayaan ulang tahun, masyarakat Korea menyajikan Sup Rumput Laut.

Sup Rumput Laut memiliki rasa yang enak dan juga kandungan gizi yang lengkap, seperti serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Bagi pecinta makanan sushi atau onigiri, dipastikan akan menyukai Sup Rumput Laut ini.

Sup Rumput Laut juga memiliki kuah yang bening dengan isian rumput laut coklat licin. Cara pegolahannya tidak begitu sulit. Karena merupakan sup, maka bahan-bahannya dicampur dan hanya direbus saja. Biasanya dalam Sup Rumput Laut ditambahkan sapi atau ayam, untuk membuat rasanya lebih nikmat. Kandungan gizi dari kaldu dagingnya sendiri juga dapat menambah nilai gizi dari makanan ini.

Jadi untuk menikmati Sup Rumput Laut, tidak perlu jauh-jauh ke Korea karena dapat dibuat sendiri. Sup Rumput Laut juga dapat ditemui dan dibeli di restoran Korea. Sup Rumput Laut biasanya dinikmati dengan menggunakan nasi pulen, dan dinikmati selagi hangat. (AI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *