HeadlineLensa Manca

Baku Tembak Tiga Jam, Taliban Tewaskan Tiga Militan ISIS

Baku tembak selama tiga jam dilaporkan terjadi antara pasukan Taliban dengan kelompok ISIS yang menewaskan tiga orang militan ISIS, Senin (25/10).

Melansir dari AFP, Komando Polisi Herat melaporkan bahwa bentrokan ini terjadi pada Minggu (24/10) saat pasukan Taliban mengepung sekelompok militan ISIS di gedung tinggi di Kota Herat, Afghanistan Barat.

Berdasarkan pengakuan penduduk setempat, bunyi senjata sempat terdengar dalam pertempuran tersebut. Atas kejadian ini, tiga anggota ISIS tewas dan dua pasukan Taliban terluka.

Namun, dalam rekaman yang beredar di media sosial, terdapat seorang anggota ISIS yang ditembak mati setelah pasukan Taliban menangkap dan menyita senjatanya. Sementara itu, terlihat juga tiga jasad militan ISIS yang diarak keliling kota dengan truk pick-up oleh pasukan Taliban.

Qari Sayed Khosti, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, mengungkapkan bahwa tiga militan ISIS itu telah merencanakan penculikan besar-besaran di Provinsi Herat. Hal ini didukung oleh fakta bahwa selama ini ISIS terus mengancam keamanan sejak Taliban mengkliam kekuasaannya di Afghanistan pada Agustus lalu. Contohnya, serangan bom bunuh diri yang menewaskan ratusan warga.

“Pasukan khusus mengepung mereka dan mereka (ISIS) mulai menembak. Orang-orang itu (ISIS) tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan,” kata Khosti.

Di sisi lain, Taliban terus menerus menegaskan bahwa pihaknya mampu mengendalikan ancaman ISIS di Afghanistan. Mereka bahkan mengklaim tidak perlu bantuan Amerika Serikat untuk mengendalikan serangan ISIS di negara tersebut.

(AK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *