HeadlineLensa Terkini

Jokowi Lantik Muhammad Ali Jadi KSAL Gantikan Yudo Margono

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12).

Adapun Ali menggantikan posisi Laksamana Yudo Margono yang diangkat menjadi Panglima TNI pada Senin (19/12) lalu.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 100 TNI tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut.

“Memberhentikan dengan hormat Laksamana Yudo Margono dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut,” bunyi keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksamana Hersan.

“Mengangkat Laksamana Madya Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut,” lanjutnya.

Jokowi lalu membimbing Muhammad Ali untuk membacakan sumpah jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Laut.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Ali dalam sumpah jabatan.

Dia juga berjanji akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, serta menjunjung tinggi sumpah prajurit.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjut Ali.

Dengan pelantikan ini, Ali mendapatkan kenaikan pangkat dari Laksamana Madya menjadi Laksamana terhitung sejak hari ini Rabu (28/12). Kenaikan pangkat tersebut ditetapkan melalui Keppres Nomor 101 TNI Tahun 2022 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *