Lensa Lifestyle

5 Rahasia agar Rumah yang Sempit Terlihat Lebih Luas

Sekarang ini, banyak orang lebih memilih untuk membangun rumah kecil atau yang biasa disebut dengan rumah minimalis. Selain karena keterbatasan lahan dan dana, kesibukan juga membuat orang memilih rumah minimalis. Rumah minimalis memerlukan lebih sedikit biaya dan waktu untuk merawatnya.

Tentu ada perbedaan yang cukup jelas antara rumah yang luas dengan rumah minimalis. Dengan kondisi rumah yang luas, pemilik rumah sangat leluasa dalam menata perabot rumah dan tidak dipusingkan dengan pengaturan ruang.

Lain halnya dengan kondisi rumah yang kecil. Penghuni di rumah minimalis mungkin pernah mengalami masa-masa tidak nyaman dan sebal karena tidak memiliki banyak pilihan saat menata ruangan yang kecil. Desain interior ruangan yang tepat akan banyak membantu memberi kesan ruang kecil di rumah tampak lebih besar.

Berikut lima cara sederhananya:

1. Penempatan Cermin

Untuk menimbulkan kesan luas pada ruangan, Anda bisa menambahkan cermin dalam ruangan. Cermin akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan sehingga membantu untuk mencerahkan dan membuat ruangan terasa lebih lapang.

Supaya ruangan tambah cantik, Anda bisa memilih cermin yang memiliki bingkai unik dan estetik. Cermin ini bisa Anda letakkan pada ruangan yang sering digunakan, misalnya saja ruang tamu, kamar, ataupun ruang keluarga.

Untuk hasil terbaik, gantunglah cermin di seberang jendela. Hal ini akan memaksimalkan pantulan cahaya ke dalam ruangan. Titik lain yang tak kalah baiknya adalah seberang pintu, yang akan memberikan persepsi ruangan menjadi lebih luas.

2. Warna Cerah untuk Dinding

Cara klasik ini bekerja dengan efektif. Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan penggunaan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil. Kombinasi warna yang tepat dapat menciptakan ilusi ruang. Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang.

Sebenarnya, mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan bisa juga membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, namun akan memberi efek rumah kecil menjadi semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap akan menyerap cahaya yang masuk, alhasil rumah terlihat suram. Gunakanlah warna-warna netral untuk cat dinding dan furnitur di rumah. Misalnya saja, warna putih, krem atau pastel.

3. Furnitur Multifungsi

Dengan menggunakan furnitur multifungsi, Anda dapat menghemat ruang di rumah. Misalnya ganti meja kecil di ruang tamu dengan kabinet TV dengan banyak laci.

Sementara untuk kamar tidur, pilihlah ranjang yang dengan banyak laci untuk menyimpan barang-barang. Selain itu, ganti lemari pakaian Anda dengan pintu geser sehingga tidak memerlukan ruang ketika membuka pintu.

Meja dengan banyak laci yang bisa dimanfaatkan untuk meja makan dan juga untuk bekerja serta belajar anak-anak.

4. Pilihlah Lantai Berpola Garis-garis

Seseorang yang memakai baju dengan pola strip atau garis-garis vertikal dapat membuat ia terlihat lebih tinggi. Sebaliknya, pola garis horizontal akan membuat mereka terlihat lebar.

Ilusi mata ini juga berlaku pada tampilan di rumah. Jika ingin ruangan terlihat lebih panjang atau lebih lebar, maka aplikasikan lantai kayu atau lantai vinyl berpola vertikal untuk memberikan kesan ruangan lebih panjang dan pola garis horizontal untuk ruangan yang lebar.

5. Hilangkan Pintu

Dalam hal ini, yang dimaksud bukanlah pintu utama rumah menuju teras, melainkan pintu pemisah antar satu ruang dengan ruang yang lain. Jika ruang keluarga dan ruang makan dipisahkan dengan pintu, Anda bisa memilih untuk mencopot pintu dan menggantinya dengan sekat ruangan.

Untuk mencegah koridor terlihat kaku, berikan hiasan dan dekorasi bingkai foto dan lukisan. Anda juga bisa memanfaatkan ruang kosong dengan mengaplikasikan ambalan kayu pada dinding sebagai rak gantung.

Menata dan memilih interior rumah kecil memang perlu berhati-hati agar tidak semakin sesak. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih jenis furnitur serta warna yang ingin Anda terapkan pada rumah kecil Anda! Semoga cara sederhana ini dapat membantu memberi kesan luas pada ruangan kecil Anda, ya. (RDM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *