Lensa Lifestyle

Tujuh Tips Ampuh Membuat Bangun Tidurmu Lebih Segar di Pagi Hari

Banyak orang yang merasa tidak segar ketika bangun di pagi hari, padahal sudah cukup tidur. Akibatnya mereka mudah lelah dan tidak fokus dalam menjalani hari. Kualitas tidur bisa memengaruhi banyak hal, beberapa di antaranya seperti kesehatan tubuh dan suasana hati.

Tenang, tidak perlu khawatir. Sejatinya, setiap orang bisa segar bangun pagi asal tahu cara mendapatkan kualitas tidur malam yang baik. Rupanya, ada sejumlah cara sederhana yang dinilai mampu membuat Anda bisa tetap segar meski kurang tidur. Tentunya cara ini sehat.

1. Hindari Kafein

Pengaruh kafein akan langsung terasa begitu ia masuk ke dalam tubuh. Kafein masuk ke dalam darah melalui lambung dan usus halus, dan dapat mencapai puncaknya dalam darah dalam waktu hanya 30-60 menit atau bahkan lebih cepat, setelah dikonsumsi. Setengah dari kafein yang masuk ke tubuh dapat bertahan 3-5 jam, sisa setengahnya lagi dapat tinggal di tubuh dalam waktu yang lama, sekitar 8-14 jam.

Kafein dapat mengganggu tidur Anda, membuat Anda sulit tertidur sehingga waktu tidur Anda berkurang. Kafein juga dapat membuat Anda susah untuk mendapatkan tidur nyenyak sehingga mengurangi kualitas tidur Anda.

2. Bermeditasi atau melakukan olahraga pernapasan

Bermeditasi adalah langkah yang tepat untuk membersihkan pikiran dan mengisi kembali energi tubuh. Salah satu metode olahraga pernapasan yang dianjurkan adalah metode bernapas ala yoga.

Meditasi dan olahraga pernapasan adalah dua cara terbaik agar tubuh bisa terjaga di pagi hari.

Olahraga pernapasan dan meditasi dapat menenangkan pikiran dan membuatnya siap untuk menghalau tekanan dan stres sepanjang hari. Selain itu, olahraga pernapasan juga meningkatkan jumlah oksigen yang dihirup sehingga mengoptimalkan fungsi tubuh.

3. Matikan Lampu Kamar

Ingin segar saat bangun tidur? Matikan lampu kamar tidur Anda. Penelitian menyebutkan, tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuat Anda lebih cepat terlelap.

Paparan cahaya saat tidur bekerja dengan menstimulasi aliran sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Mereka dapat mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lainnya yang bertugas membuat kamu merasa mengantuk.

Tidur di ruangan yang gelap akan memberikan sinyal pada tubuh yang menunjukkan bahwa ini adalah waktu tidur. Dengan begitu, tidur kamu pun jadi lebih berkualitas. Mata dan tubuh akan selalu merespon cahaya mulai dari pagi hingga sore, dan kondisi gelap saat malam.

4. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun

Anjuran minum air putih setelah bangun bukan hanya untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga bisa membuang racun dalam tubuh. Kamu juga bisa memasukkan potongan lemon ke dalam air putih untuk menambah rasa.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyediakan segelas air putih di kamar tidur. Jadi, kamu bisa langsung meminumnya setelah bangun.

5. Matikan Alat Elektronik

Agar tidur lebih nyenyak, sebisa mungkin matikan alat elektronik sebelum tidur. Ini karena alat elektronik seperti gawai, TV, dan lain-lain, bisa mempengaruhi kualitas tidur. Sebuah studi bahkan melaporkan bahwa alat-alat elektronik dapat mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak, sehingga mempengaruhi kualitas tidur.

Cahaya yang dikeluarkan oleh alat elektronik, juga dapat memperlambat produksi hormon melatonin yang berperan untuk mengatur jam tidur biologis. Akibatnya, cahaya tersebut akan membuat kamu kesulitan tidur.

6. Hindari Makan sesaat Sebelum Tidur

Agar segar saat bangun pagi, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat mendekati jam tidur. Faktanya, konsumsi makan berat—termasuk yang tinggi karbohidrat—sebelum waktu tidur, dapat membuat Anda merasa mulas atau kembung. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur.

Karena beberapa makanan seperti pizza, sereal manis, cokelat hitam, kafein, dan minuman bersoda akan membuat tubuh lebih fokus untuk mencerna makanan, dibandingkan beristirahat. Jadi, ada baiknya kamu memberi jeda makan dua jam sebelum tidur agar proses metabolisme pada tubuh berlangsung optimal.

7. Olahraga Teratur

Setelah bangun tidur bukan berarti rasa kantuk langsung hilang. Bahkan, beberapa orang membutuhkan waktu untuk “mengumpulkan nyawa” sebelum akhirnya beranjak dari kasur dan beraktivitas.

Untuk mengakalinya, kamu bisa melakukan peregangan ringan di atas kasur. Lakukan gerakan sederhana, misalkan peregangan kepala, tangan, dan badan. Meskipun sepele, hal ini bisa membuat tubuh lebih siap dan segar untuk beraktivitas, lho.

Kemudian olahraga rutin yang dilakukan setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, agar Anda segar bangun pagi, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda menjadi lebih segar dan bugar ketika bangun pagi ya. Lakukanlah dengan konsisten untuk mendapatkan tidur yang lebih baik setiap harinya. (RDM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *