Lensa Lifestyle

Sepatu Putih Menguning? Begini Tips Membersihkannya

Sepatu putih bisa digunakan untuk menunjang penampilan karena cocok dengan semua warna. Sepatu putih juga menjadi pilihan paling ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Sayangnya, warna putih sangat gampang kotor dan bahkan berubah warna menjadi kuning. Oleh karena itu, perlu perawatan khusus untuk menjaga warnanya agar tetap bersih.

Cara mencuci sepatu putih pun harus diperhatikan dengan benar. Karena kesalahan dalam mencuci sepatu juga dapat mengubah warna putih menjadi kuning sehingga sepatu terlihat kusut dan kusam.

Gunakan Soda Kue

Soda kue merupakan bahan masakan yang dapat membersihkan apa pun, termasuk sepatu putih. Untuk mencuci sepatu putih, campurkan satu sendok makan air panas dan satu sendok makan soda kue. Aduk semua bahan hingga teksturnya berubah menjadi pasta.

Kemudian, sikat sepatu putih menggunakan sikat gigi yang telah diolesi pasta soda kue sampai bersih. Setelah itu, bilas sepatu dan luruhkan sisa-sisa campuran soda kue dengan cara menepuknya perlahan.

Pakai Cuka Putih

Selain soda kue, ternyata cuka memiliki fungsi lain yang mampu mengangkat kotoran. Oleh karena itu, cuka dapat digunakan untuk membersihkan sepatu putih.

Caranya, lakukan tahap mencuci seperti memakai soda kue. Jika sudah selesai dicuci, jemur sepatu selama 3 sampai 4 jam. Tetapi hindarkan dari paparan sinar matahari langsung karena bisa membuat sepatu menguning atau cokelat.

Pasta Gigi

Pada umumnya, pasta gigi bisa membuat gigi menjadi putih dan menghilangkan noda yang menempel pada gigi. Kalian dapat menggunakan pasta gigi putih untuk membersihkan sepatu putih. Gosokkan sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi ke bagian sepatu yang menguning atau kotor. Kemudian, bilas dengan air mengalir.

Pemutih Pakaian

Selain untuk membersihkan pakaian, ternyata pemutih pakaian dapat digunakan untuk membersihkan sepatu putih kalian.

Jika sepatu putih kalian sudah menguning, coba cuci sepatu dengan pemutih pakaian. Pemutih pakaian akan mengembalikan warna sepatu sehingga sepatu putih akan tampak seperti baru. Pemutih pakaian ini dapat digosokkan ke sepatu menggunakan sikat gigi, tapi pastikan jangan menyentuh pemutih pakaian secara langsung. (SPI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *