Lensa Jogja

Sabet Juara Umum Porda ke-16 DIY, Sleman ‘Sembada Hattrick Lagi’

Pada ajang Pekan Olahraga Daerah (PORDA) ke-16 tahun 2022, Kabupaten Sleman berhasil menjadi juara umum. Dengan prestasi tersebut, pemerintah Kabupaten Sleman selaku tuan rumah ajang olahraga bergengsi ini, berhasil mewujudkan kenyataan dengan mengusung tagline ‘Sembada Hattrick Lagi’.

Sebelumnya, saat PORDA tahun 2005, 2007, dan 2009, Kabupaten Sleman juga pernah menjadi juara umum. Selain itu, Kabupaten Sleman berhasil pun menyabet predikat juara selama dua kali berturut-turut pada tahun 2017 dan 2019.

Kemenangan ini, dinilai tak lepas dari tagline yang digaungkan oleh pemerintah Sleman untuk mengikuti ajang olahraga di tahun 2022 ini. Selama 9 hari Porda berlangsung, Sleman berhasil meraih 164 medali emas, 159 medali perak, dan 155 medali perunggu. Dengan begitu, total keseluruhan medali yang diperoleh Sleman adalah sebanyak 478 medali.

Dengan capaian ini, Pemerintah Kabupaten Sleman akan memberikan bonus kepada para atlet Kontingen Sleman, yang mana nominalnya akan lebih fantastis dari tahun sebelumnya. Diketahui pada tahun sebelumnya, Pemkab memberikan bonus sebesar Rp15 juta.

Adapun beberapa cabang olahraga yang mengalami peningkatan prestasi, yakni cabang olahraga menembak, gateball, renang, dan atletik.

Sementara untuk tahun 2023 mendatang, dikabarkan bahwa gelaran PORDA dan PEPARDA tidak diadakan, lantaran para atlet tengah menyiapkan PON di Sumatera Utara dan Aceh 2024 mendatang.

Sedangkan untuk ajang PORDA ke-17 dan PEPARDA keempat yang akan diselenggarakan di Kabupaten Gunungkidul, pada tahun 2025. (WL/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *