Headline

Komisi IX Desak Pemerintah Gerak Lakukan Pelacakan Kasus Hepatitis Akut

Netty Prasetiyani, anggota Komisi IX DPR RI, turut menanggapi munculnya penyakit baru yaitu Hepatitis Akut, yang telah menyebar di sejumlah negara dan bahkan menyebabkan kematian terhadap 3 anak-anak di Indonesia beberapa waktu lalu.

Kemenkes sendiri juga telah menerbitkan Surat Edaran terkait hal ini dan mengumumkan gejala serta pencegahan penyakit tersebut. Namun, menurut Netty, langkah tersebut dirasa belum cukup. Ia pun mendorong agar Kemenkes segera melakukan pelacakan dan pemeriksaan.

“Hal ini penting dilakukan agar kita tidak salah langkah dalam mengantisipasi penyebaran hepatitis misterius yang sudah menyerang banyak negara ini,” kata Netty dalam keterangan tertulisnya, dikutip pada Selasa (10/5).

Langkah pemeriksaan dan pelacakan sejak dini ini, kata Netty, dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih waspada dan berhati-hati dalam menjalankan aktifitas, terutama dalam menjaga anak-anak.

Tak hanya itu, hasil dari pemeriksaan tersebut, nantinya bisa dijadikan acuan bagi masyarakat, agar tidak mudah terprovokasi pada berita-berita hoaks.

“Penting untuk menginformasikan peta penyebaran kasus, upaya yang dilakukan pemerintah dan kesiapan sistem kesehatan dalam melakukan antisipasi lonjakan kasus agar rakyat dapat berpartisipasi aktif melakukan pencegahan,” lanjutnya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *