Lensa Kuliner

Es Gosrok, Menikmati Kesegaran Minuman Masa Lalu Khas Kota Baru

Seiring berjalannya waktu dan munculnya berbagai jajanan baru, es gosrok sudah mulai terlupakan. Minuman segar yang satu ini, kini semakin sedikit dan susah ditemukan. Padahal dulu, ada di sekolah-sekolah dan sering keliling kampung untuk memberikan kesegaran. Jika sahabat lensa ingin mencicipinya saat ini, langsung saja datang ke Kota Baru, di sana masih banyak penjual minuman segar yang satu ini.

Es gosrok merupakan salah satu jajanan legendaris yang mulai langka. Minuman ini dibuat dengan cara menggosokkan es batu, yang biasanya berbentuk balok, pada sebuah meja yang sudah dipasangi pisau. Nantinya es batu akan menjadi kecil-kecil seperti salju, yang akan diwadahi oleh si penjual. Untuk memberikan rasa manis dan kesan menarik, biasanya penjual akan memberikan gula cair pemanis, yang diberi warna bermacam-macam. Gula inilah yang nantinya akan menjadi rasa pemanis es gosrok ini.

Karena penyajiannya yang unik dan khas, kuliner satu ini memiliki peminat yang cukup ramai. Bahkan peminatnya banyak berasal dari berbagai kalangan. Bahan-bahan campuran yang lain, dipotong dalam ukuran kecil agar lebih mudah ketika menyantapnya.

Es gosrok memiliki rasa segar dengan manis yang pas. Isiannya terdiri dari santan, kelapa, dan tape ubi. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan serutan es yang melimpah dalam satu gelas berukuran besar. Terasa nikmat apabila disantap saat berbuka puasa. Minuman ini menawarkan rasa asam dari tape dan gurihnya kelapa.

Minuman segar ini, terkadang juga sering didampingi dengan roti ini coklat. Cara menikmatinya tergantung selera. Rotinya bisa dimasukkan seluruhnya ke dalam gelas es. Bisa juga ‘dicocol’ sedikit demi sedikit ke dalam es. Selain itu juga ada pilihan seperti roti isi pisang coklat, roti pandan dan lainnya.

Jajanan Kota Baru ini sudah dijual dan populer sejak tahun 1950-an. Sekarang sudah banyak warung-warung yang menjual minuman ini, dan bahkan masih ramai peminatnya hingga saat ini. Salah satu alasan ramai peminatnya adalah karena satu gelasnya hanya dijual Rp5.000. Sahabat, sudah bisa menikmati segarnya es gosrok khas Kota Baru ini. Selain bulan Ramadan, jajanan ini mulai dijual pukul 10.00-16.00 WIB. (LH/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *