Lensa Kuliner

Sup Bunga Matahari, Makanan Khas Solo Sebagai Sajian Pernikahan

Masyarakat Solo pasti sudah tidak asing lagi mendengar sajian Sup Bunga Matahari. Sajian ini sering ditemukan di acara-acara pernikahan di daerah Solo, Jawa Tengah. Namun bagi masyarakat di luar Solo, terutama di luar pulau Jawa, Sup Bunga Matahari adalah sajian yang asing atau tidak biasa.

Sup Bunga Matahari bukanlah sajian yang terbuat dari bunga matahari. Namun, bentuknya menyerupai bunga matahari sehingga dinamai Sup Bunga Matahari.

Sup Bunga Matahari biasanya terbuat dari daging ayam yang dicincang, lalu dibungkus dengan telur dadar tipis, serta dibentuk menyerupai bunga matahari. Ada juga bahan-bahan pelengkap seperti wortel, kentang, jamur tiram, jagung, dan bumbu pelengkap lainnya.

Telur dadar akan membentuk kelopak bunga matahari, sedangkan bahan-bahan pelengkap lainnya akan membentuk inti dari bunga matahari. Setelah itu diberikan siraman gelatin ayam atau kaldu ayam pada sajiannya. Perpaduan inilah yang membuat Sup Bunga Matahari memiliki keindahan dan daya tariknya sendiri.

Rasa Sup Bunga Matahari hampir sama dengan sup-sup lainnya. Perpaduan rasa yang nikmat dan menghangatkan, ditambah lagi dengan penyajiannya yang cantik, membuat Sup Matahari ini menjadi sajian yang wajib dicoba.

Walaupun Sup Bunga Matahari sering ditemui di acara resepsi pernikahan, namun sahabat lensa44 bisa membuatnya sendiri di rumah, karena bahan-bahannya mudah ditemui.

Sajian khas Solo ini, memiliki filosofi yang unik yaitu harapan bagi kedua pasangan yang akan menikah. Matahari biasanya memancarkan sinar yang menerangi dunia siang hari. Maka dari itu, Sup Bunga Matahari sering disajikan di acara pernikahan, dengan harapan diberikan sinar kemudahan dalam menghadapi bahtera rumah tangga. (AI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *