HeadlineLensa Manca

Tegas! Yunani akan Denda Warganya yang Menolak Vaksinasi

Yunani akan tegas terhadap warganya yang menolak untuk dilakukan vaksinasi. Pemberlakuan denda sebesar 100 euro akan segera dilaksanakan. Kyriakos Mitsotakis, Perdana Menteri Yunani, mengatakan bahwa denda akan berlaku mulai pertengahan Januari tahun depan.

“Keputusan ini cukup berat, tetapi ada tanggung jawab berat berdiri di samping mereka yang paling rentan, bahkan jika itu mungkin membuat mereka tidak senang,” ujar Mitsotakis, mengutip BBC pada Rabu (1/12).

Mitsotakis menambahkan, uang denda tersebut akan digunakan untuk sistem kesehatan Yunani yang sedang berjuang dengan lonjakan penerimaan pasien COVID-19 di rumah sakit.

Menanggapi hal ini, Syriza, salah satu anggota partai oposisi utama Yunani, menyebutkan bahwa pemberlakuan denda termasuk sebagai hukuman yang berlebihan secara finansial.

Hingga saat ini, sekitar 63 persen dari 11 juta penduduk Yunani telah menerima vaksinasi lengkap. Namun, data menunjukkan bahwa lebih dari 520 ribu orang berusia di atas 60 tahun belum mendapatkan vaksinasi.

“Orang-orang Yunani yang berusia di atas 60 tahun harus mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama pada 16 Januari. Vaksinasi mereka selanjutnya adalah wajib,” tegas Mitsotakis.

Untuk mendapatkan persetujuan wajib vaksinasi, maka terlebih dahulu harus melalui pemungutan suara parlemen. Oleh sebab itu, Mitsotakis berharap anggota parlemen secara luas dapat menyetujuinya. (DY) Yunani akan menjadi negara pertama di Uni Eropa yang menargetkan dan mewajibkan vaksinasi bagi kelompok usia tertentu. Tercatat total kematian di negara tersebut akibat COVID-19 mencapai 18 ribu orang. (DY

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *