HeadlineLensa Terkini

Tren Kasus Melandai, Juru Wabah Ingatkan Pujian Bisa Jadi Bencana

Pemerintah yang kembali memutuskan untuk memperpanjang masa PPKM hingga 22 November 2021 mendatang, mendapat sambutan baik dari masyarakat dan para tokoh kesehatan. Pasalnya, langkah ini dinilai tepat meskipun sadar bahwa kasus di Indonesia terus melandai, dan perpanjangan PPKM digalakkan sebagai wujud kewaspadaan.

Terlebih lagi, Indonesia sempat disebut-sebut sebagai negara dengan tingkat penularan Covid-19 terendah. Hal tersebut diungkap oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat pada awal november lalu.

Menanggapi hal ini, Pandu Riono, Epidemiolog UI kembali mengingatkan kepada pemerintah agar tidak terbuai dengan kondisi yang membaik dan pujian dari negara lain.

“Pak @jokowi mohon tetap konsisten dalam Pengendalian Pandemi, bila Indonesia ingin tetap landai. Pujian negara lain atas sukses Indonesia bisa jadi bencana, bila kita tidak fokus pada upaya pencegahan & perlindungan,” kata Pandu melalui akun twitternya, Selasa (9/11).

Pandu juga menyinggung ihwal banyaknya isu para pengusaha yang berbisnis dengan segala hal terkait pandemi. Ia menegaskan agar Jokowi bisa untuk menghindari hal tersebut, sebab yang paling penting untuk diselesaikan adalah pandemi.

“Hindari konflik kepentingan yang dorong kebijakan yang tak rasional,” sambungnya (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *