Lensa Jogja

Pelatihan Water Rescue Pastikan Kesiapan Relawan SAR DIY

Memasuki musim penghujan, Kabupaten Bantul, mulai bersiaga. Berbagai persiapan pun dilakukan, salah satunya seperti yang dilakukan relawan SAR DIY Distrik Bantul dengan menggelar latihan penyelamatan di air, Senin (8/11).

Dengan bertempat di kawasan Wisata Banyu Kencono, Pleret, Bantul, sedikitnya ada 50 peserta yang dilatih. Peserta tersebut merupakan penggiat wisata di bantaran Sungai Oyo. Pelatihan tersebut meliputi pertolongan di air, pertolongan pertama gawat darurat, dan teknik bertahan di air dengan pelampung darurat.

Ketrampilan dasar inilah yang menjadi bekal utama peserta. Sehingga, nantinya mampu mengantisipasi melakukan penangananan kebencanaan. Utamanya, korban laka air, sekaligus sebagai persiapan kader-kader tanggap bencana dalam menjawab tantantangan alam di Yogyakarya yang memang rawan bencana.

Sementara itu, pelatihan ini sengaja digelar mengingat topografi dan letak geografis Kabupaten Bantul yang dilewati sungai-sungai besar, serta tanah yang labil memaksa sebagian warga maupun penggiat wisata di seputaran titik rawan bencana harus selalu siaga. Utamanya, terhadap ancaman banjir. (JP/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *