Lensa Jogja

Kereta Bandara YIA Mulai Beroperasi Dengan Harga Terjangkau

PT. Kereta Api Indonesia daerah operasional 6 Yogyakarta mulai menerapkan tarif pada operasional kereta bandara. Kereta bandara ini menghubungkan Stasiun Tugu Yogyakarta dengan Yogyakarta International Airport Kulon Progo, Senin (20/9). Tarif yang ditetapkan yaitu sebesar Rp20.000 untuk tujuan Stasiun Tugu menuju YIA dan Stasiun Wates menuju YIA.  Selain itu, tarif Rp10.000 juga diterapkan untuk perjalanan dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Wates.

Sebelumnya, PT KAI daop 6 telah melaksanakan uji coba dengan menerapkan tarif Rp.0 untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai keberadaan kereta bandara ini. Tercatat telah lebih dari 5600 penumpang telah mencoba layanan uji coba kereta bandara sejak awal September lalu.

Dinilai cepat, terjangkau dan memiliki estimasi waktu yang terukur, masyarakat mengaku senang dengan terciptanya konektifitas antar moda transportasi seperti saat ini. Pasalnya, masyarakat tak perlu lagi menempuh perjalanan yang cukup lama.

Jika biasanya dibutuhkan waktu hingga satu setengah jam perjalanan  untuk sampai ke tujuan YIA. Menggunakan kereta bandara ini, penumpang hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja.

“Jadi kalau ada fasilitas kereta jadi lebih mudah sih, selain lebih cepat dari pada angkutan lain, akses kita dari kota menuju ke bandara juga lebih gampang. Pengennya bisa sampai stasiun yang di Adisucipto bisa tembus sampe situ. Kalau bisa juga bisa sampai ke stasiun-stasiun lain yang bisa menjangkau kebeberapa daerah.” ujar Robert, salah satu penumpang kereta bandara.

Diharapkan, Kereta Bandara ini dapat menjadi moda alternatif bagi masyarakat, serta memudahkan penumpang dalam mendapatkan akses menuju Yogyakarta International Airport, Kulon Progo. (ALF/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *