Lensa JogjaLensa Wisata

Sandiaga Uno Apresiasi Perkembangan Kreativitas Pariwisata DIY

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, memberikan apresiasi kepada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dinilai berhasil bangkit dan mengembangkan potensi pariwisatanya pasca pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Perkembangan yang pesat pada bidang pariwisata Jogja, kata Sandi, terlihat dari bagaimana kreativitas warga dan Pemda setempat agar kota gudeg ini tak kehilangan pecintanya, salah satunya lewat jasa hunian.

Sandi menyebut, angka presentase tingkat hunian kamar per hari di Jogja mencapai lebih dari 90%. Itu menunjukkan bahwa DIY berhasil menarik sektor lain bersamaan dengan meningkatnya pariwisata.

“Oleh karena itu, saya ucapkan apresiasi kepada ekosistem dari pariwisata dan ekonomi kreatif Daerah Istimewa Yogyakarta. Mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi seluruh daerah lainnya untuk membangkitkan sektor yang sangat kita cintai ini,” kata Sandi, seperti dikutip dari situs resmi Pemda DIY, Rabu (30/8).

Namun kendati demikian, DIY dinilai masih tetap harus mencapai target yang ditentukan dalam sektor pariwisata, yakni sebanyak 1,2–1,4 miliar perjalanan wisatawan nusantara. Sementara saat ini, data baru mencatat angka kurang dari 500 juta perjalanan wisatawan.

Untuk dapat mencapai target tersebut, Sandi pun mengajak seluruh stakeholder agar turut berkontribusi dalam menarik wisatawan, termasuk dengan memberikan inovasi produk-produk unggulan lokal.

Selain itu, ia juga menggencarkan program desa wisata, yang diharapkan mampu menyumbang target pariwisata DIY.

“Oleh karena itu kita perlu bergandengan tangan, sama-sama bagaimana memanfaatkan beberapa momen-momen liburan ke depan untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara. Dan yang bisa dijadikan inspirasi ini, Yogyakarta. Karena selalu ada variasi dari produk-produk wisata baru,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu, Menparekraf melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 juga telah memberikan tiga penghargaan ADWI 2023 kepada tiga desa di DIY.

Adapun ketiga desa wisata yang mendapatkan penghargaan ADWI 2023 adalah Desa Wisata Wukirsari, Bantul Juara 1 klasifikasi Desa Wisata Maju, Kampung Wisata Purbayan Kota Yogyakarta Juara 2 klasifikasi Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Hargotirto Kulon Progo Juara 5 untuk Kategori Homestay dan Toilet.

Penulis : Alfa Kamila

Editor / Redaktur : Rizky / Wara

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *