Lensa Terkini

Komitmen Lindungi Data Paspor, Imigrasi Tersertifikasi ISO/IEC 27001

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI telah resmi mendapatkan Sertifikat ISO/IEC 27001, yaitu standar yang paling terkemuka di dunia untuk Information Security Management Systems (ISMS) alias Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Dalam siaran persnya, dikutip pada Rabu (9/8), Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menegaskan bahwa perlindungan data pribadi menjadi perhatian utama dan wajib dilaksanakan secara konsisten oleh jajaran keimigrasian.

“Saya sangat men-support terkait sertifikasi ISO/IEC 27001 ini, suatu hal yang baik dalam tata kelola di Imigrasi. Selanjutnya, habit menjadi yang terpenting untuk diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari agar sesuai dengan ISO yang kita peroleh,” tutur Silmy.

Ia menambahkan bahwa dirinya bersyukur dan bangga atas perolehan sertifikat tersebut. Ia berharap penerapan standar ISO/IEC 27001 dapat dilanjutkan ke aplikasi eksisting yang lain.

“Dan harus dapat menjalankan sesuai dengan standardisasi yang telah ditetapkan,” ujarnya.

ISO/IEC 27001 ini dapat mendefinisikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh berbagai sektor untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

Organisasi-organisasi yang memenuhi standar ISO/IEC 27001 tentunya telah menerapkan sistem untuk mengelola risiko yang terkait dengan keamanan data yang dimilikinya.

Sistem yang dijalankan oleh organisasi tersebut juga menghormati semua praktik terbaik (best practices) dan prinsip-prinsip yang diabadikan dalam standar internasional ini.

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan isu dugaan kebocoran data paspor. Atas hal tersebut, Ditjen Imigrasi telah berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo serta Badan Siber dan Sandi Negara, dan telah dipastikan tidak ada data biometrik yang bocor.

Sambil menjalankan langkah-langkah tersebut, Ditjen Imigrasi secara simultan juga melakukan penguatan sistem keamanan hingga memenuhi standar ISO/IEC 27001, sebagai bentuk komitmennya terhadap keamanan data.

Penulis : Chumaida

Editor/redaktur: Rizky / Wara

Share

3 thoughts on “Komitmen Lindungi Data Paspor, Imigrasi Tersertifikasi ISO/IEC 27001

  • Wow, wonderful blog format! How long have
    you been blogging for? you made running a blog look easy. The entire glance of your website is excellent, as smartly as the content!
    You can see similar here sklep

  • Hello there! Do you know if they make any plugins to
    help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very
    good results. If you know of any please share.
    Kudos! You can read similar art here: Sklep online

  • Wow, wonderful blog structure! How lengthy have you ever been blogging for?

    you make running a blog look easy. The entire look of your site is magnificent, as smartly as the content!
    You can see similar here e-commerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *