HeadlineLensa KesehatanLensa LifestyleLensa Terkini

Bahaya Gunakan Headset Terlalu Lama

Menggunakan headset atau earphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, baik mendengarkan musik, menonton film atau berkomunikasi selama panggilan telepon. Namun, memakai headset atau earphone terlalu sering atau terlalu lama dapat berdampak buruk pada kesehatan telinga dan pendengaran.

Berikut bahaya penggunaan headset terlalu lama:

  1. Kerusakan Pendengaran:

Salah satu bahaya terbesar dari penggunaan headset terlalu lama adalah risiko kerusakan pendengaran. Paparan suara yang keras dan berulang-ulang dapat merusak sel-sel rambut di telinga yang bertugas mendeteksi suara. Hal ini dapat menyebabkan masalah pendengaran seperti tinitus (telinga berdenging) atau bahkan gangguan pendengaran permanen.

  • Infeksi Telinga:

Penggunaan headset dalam waktu lama juga dapat meningkatkan risiko infeksi telinga. Hal ini disebabkan meningkatnya kelembapan pada telinga akibat menutup telinga dengan headset. Kelembapan yang tinggi dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi tumbuhnya bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga.

  • Gangguan Keseimbangan:

Paparan suara keras melalui headset juga dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh. Telinga berkaitan erat dengan sistem keseimbangan tubuh, dan kerusakan telinga dapat menyebabkan gangguan seperti pusing atau mual.

  • Gangguan Postur Tubuh:

Penggunaan headphone yang tidak ergonomis atau dalam posisi yang tidak nyaman juga dapat menimbulkan masalah ketegangan terutama pada bagian leher dan bahu. Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher dan bahu, yang pada akhirnya dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Adapun beberapa cara menghindari bahayanya, yaitu:

  1. Batasi waktu penggunaan headset dan istirahatkan telinga secara teratur
  2. Gunakan volume sedang dan hindari mendengarkan musik atau suara dengan volume terlalu tinggi.
  3. Pilihlah headset yang ergonomis dan nyaman di telinga, serta jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin.
  4. Gunakan headset dengan fitur peredam bising untuk mengurangi kebutuhan menaikkan volume.
  5. Jaga kebersihan telinga dengan membersihkannya secara rutin dan hindari memakai headset saat telinga dalam keadaan basah.

Dengan memahami bahaya penggunaan headset terlalu lama dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan telinga dan pendengaran sekaligus menikmati kenyamanan dan hiburan yang diberikan headset.

Sumber:

https://www.rri.co.id/palembang/kesehatan/660703/bahaya-penggunaan-headset-terlalu-lam a

Agregator : Sabila / L44

Share