Lensa Jogja

Vaksin Wisata, Strategi Pulihkan Geliat Dunia Pariwisata

Pandemi covid 19 sangat memberi dampak cukup serius bagi sektor pariwisata, penutupan sejumlah destinasi wisata selama penerapan pembatasan kegiatan masyarakat membuat ekonomi para pelaku wisata harus terhenti untuk sementara waktu.

Guna memulihkan kembali geliat pariwisata di Yogyakarta pemda DIY melalui berbagai instansi terkait turut menggencarkan program vaksinasi covid 19 bagi pelaku wisata.

Strategi percepatan vaksinasi covid 19 ini dikebut agar sektor pariwisata dapat pulih secara perlahan sehingga kembali bangkit dari mati surinya.

Namun jika biasanya kegiatan vaksinasi dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan ada yang berbeda pada vaksinasi yang dipelopori oleh kamar dagang dan industri DIY serta dinas pariwisata DIY kali ini.

Bertajuk vaksin wisata kegiatan vaksinasi yang turut diikuti oleh 1.000 pelaku wisata dan masyarakat umum ini diselenggarakan di kawasan wisata Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman.

Menurut kepala dinas pariwisata DIY, Singgih Raharjo kawasan kaliurang ini sengaja dipilih agar peserta yang datang dapat melakukan vaksinasi sembari refresh dan rileks ditemani udara sejuk kaliurang nan rindang.

Selain itu kegiatan ini sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata mengingat kawasan Kaliurang merupakan salah satu destinasi wisata legendaris di DIY yang harus tutup sementara waktu akibat pemberlakuan penerapan pembatasan kegiatan masyaraka.

Guna mendukung percepatan vaksinasi nasional nantinya kegiatan ini juga akan dilakukan secara berkala dibeberapa destinasi berbeda agar dapat menggaet lebih banyak lagi pelaku wisata maupun masyarakat umum.

Selain itu perhimpunan perhotelan dan restoran Indonesia atau PHRI kabupaten Sleman juga turut berpartisipasi dan mendukung penuh kegiatan vaksin wisata ini.

Menurut ketua PHRI kabupaten Sleman, Joko Paromo kegiatan ini juga berperan sebagai gerbang pulihnya kembali destinasi wisata. Seperti diketahui selama penerapan pembatasan kegiatan masyarakat sektor pariwisata harus rela gigit jari.

Tentu matinya pariwisata di Yogyakarta juga turut berdampak pada geliat dunia perhotelan pelaku usaha restoran maupun UMKM ia menilai sektor-sektor ini juga terkena imbas cukup signifikan bahkan hampir kolaps di tengah penerapan PPKM level 4.

Diharapkan nantinya kegiatan vaksin wisata ini tak hanya sekedar menekan laju penyebaran covid 19 di Yogyakarta namun juga dapat menghidupkan kembali geliat pariwisata di Yogyakarta. (DSY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *