Lensa Jogja

Satpol PP DIY Bina Satlinmas Dalam Rangka Perketat PPKM Mikro

Tekan penyebaran covid 19, Satuan Polisi Pamong Praja DIY melakukan pembinaan terhadap petugas Satlinmas. Pembinaan ini penting dilakukan karena menurut Satpol PP petugas Satlinmas adalah petugas yang langsung berhadapan dengan masyarakat dalam melaksanakan pemberlakuan pembatasan masyarakat atau PPKM mikro.

Sosialisasi pembinaan Satlinmas ini untuk memperkuat peran Satgas covid-19 di tingkat terendah yakni RT atau RW. Satlinmas memiliki peran yang cukup besar dalam penanganan covid 19, terutama dalam pelaksanaan PPKM mikro tingkat RT dan RW

Sosialisasi pembinaan yang dilaksanakan di kalurahan Tlogodadi Mlati ini membahas tentang tugas dan fungsi satlinmas dalam pelaksanaan PPKM mikro. Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad menyampaikan bahwa satlinmas berperan dalam melaksanakan pencegahan penanganan pembinaan serta sebagai unsur pendukung kasus covid-19.

“Peran-peran ini yang kita minta untuk diterapkan, karena penyebaran klaster-klaster itu tidak sering terjadi karena masyarakat abai terhadap protokol kesehatan. Nah kalau kita dari provinsi, dari kabupaten itu turun ke lokasi itukan terlalu jauh. Sehingga yang paling tepat paling dekat dengan lokasi itu adalah teman-teman dari satlinmas yang tinggal disana. Sebelum terjadi maka mereka akan melakukan pembinaan. Melakukan agar masyarakat sadar akan protokol kesehatan. Temen-temen linmas ini yang kita harapkan lebih berperan aktif di dalam lingkungan.” Jelas Noviar Rahmad, Kepala Satpol PP DIY.

Kepala Satpol PP DIY mengatakan sejauh ini peran satlinmas belum terlalu optimal, untuk itu pembinaan Satlinmas ini perlu diadakan agar peran Satlinmas sebagai Satgas covid paling dekat dengan masyarakat dapat melaksanakan perannya secara maksimal.

Noviar meminta agar Satlinmas dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, utamanya menegakkan kembali aturan memakai masker di ruang -ruang publik yang saat ini banyak diabaikan masyarakat.

Sementara itu anggota Satlinmas Kalurahan Sumberadi, Indaryanto menyampaikan pihaknya telah berusaha menjalankan tugasnya seperti apa yang telah diinstruksikan.

Dengan berkoordinasi dengan Babinsa dan Babin Kamtibnas, satlinmas diharapkan dapat dapat menekan angka penyebaran covid 19. (UMW/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *