HeadlineLensa Terkini

Bukan Film Noir, “Harapan Ummat” Adalah Film Abyad

Suasana muram membuka film pendek “Harapan Ummat“ berdurasi 12 menit yang diproduksi oleh FAS Productions. Adegan dimulai dengan pendiri Partai Ummat Amien Rais membuka gerbang rumah yang lebar pada malam hari.

Warna temaram menimbulkan kesan sendu dan kelabu. Warna hitam pekat ada di mana-mana. Penerangan sekadarnya hanya berasal dari sepuluh obor, lima di kiri dan lima di kanan, yang mengapit jalan di halaman rumah.

Dramatis! Film ini secara sinematografis mampu mendapatkan wow effect hanya dalam hitungan 15 detik. Semiotika warna hitam ini baru bisa dipahami bila mengikuti adegan berikut.

Amien Rais, tokoh reformasi, dialah generalissimo perubahan Indonesia. Dia baru saja pulang malam hari dan memasuki halaman rumahnya. Dengan langkah yang jauh berbeda 21 tahun sebelumnya ketika dia dengan gagah memimpin reformasi.

Dalam usia di atas 70 tahun, langkah Amien Rais menunjukkan kematangan dan kebijaksanaan seorang guru bangsa. Usia tak memudarkan semangatnya, namun semakin meneguhkan prinsip yang selama ini dia diperjuangkan.

Tangkapan layar film ‘Harapan Ummat’

Setelah sampai di dalam kamar kerja, Amien Rais mulai menulis mukaddimah pendirian Partai Ummat dengan tulisan tangan pada sebuah buku tulis. Mukaddimah ini adalah respon terhadap keadaan bangsa sekarang ini yang memang sedang berduka akibat banyaknya kezaliman.

Share

One thought on “Bukan Film Noir, “Harapan Ummat” Adalah Film Abyad

  • Hi there, I do believe your blog may be having internet browser compatibility issues.
    When I take a look at your web site in Safari, it
    looks fine however, if opening in IE, it’s
    got some overlapping issues. I merely wanted
    to give you a quick heads up! Aside from that, great blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *