Lensa Jogja

Unsur Ormas dan Relawan di Bantul Bersiaga Hadapi Nataru

Guna menciptakan kondisi aman dan nyaman saat perayaan Natal dan Tahun Baru, sebanyak 360 personel gabungan dari unsur relawan, ormas dan masyarakat di Kabupaten Bantul mulai disiagakan.

Bersinergi dengan TNI-Polri, seluruh tim akan bertugas di masing-masing gereja dalam meminimalisir potensi ancaman keamanan dan risiko bencana alam.

Selain itu, persiapan lain juga dilakukan dengan membersihkan tempat ibadah yang akan digunakan.

Dalam apel pengamanan Natal sekaligus Tahun Baru yang bertempat di halaman Gereja Katolik Yakobus, Klodran pada Jumat (23/12) siang, turut pula dihadiri jajaran TNI dan Polri Kabupaten Bantul.

Dalam pengamanan ini akan difokuskan pada empat sasaran pengamanan, yang nantinya akan diberlakukan tiap-tiap personil, mulai dari pengamanan masyarakat dan jemaat,  lokasi tempat ibadah dan titik-titik keramaian, barang-barang milik jemaat hingga mengamankan jalannya ibadah Natal dan perayaan Tahun Baru.

Selain antisipasi rawannya bencana hidrometeorolgi saat ini, potensi kerawanan sosial pun menjadi prioritas pengamanan.

“Temen-temen komunitas relawan juga mempersiapkan diri dalam rangka mengantisipasi itu (bencana hidremeteorologi), sehingga nanti pada saat masyarakat melaksanakan ibadah Natal dan memperingati Tahun Baru, bisa lebih aman dan jika terjadi sesuatu terkait dengan alam bisa lebih terantisipasi secara dini,” kata Waljito selaku Ketua FPRB Bantul.

Adapun tempat ibadah yang menjadi objek pengamanan ini setidaknya ada 36 gereja dan 6 gereja prioritas.

Secara teknis, seluruh personil yang bersiaga akan bersinergi dengan TNI-Polri guna membantu meminimalisir potensi kerawanan lakalantas dan kerusuhan, serta mengantisipasi potensi ancaman radikalisme dan terorisme.

“Terkait intoleransi, radikalimes dan terorisme, kita pahami bersama bahwa ini masih ada dan kemarin juga baru kejadian di Polsek Astana Anyar, sehingga ini perlu kita antisipasi, kita perlu laksanakan deteksi dini, tentunya bersama dengan relawan dan ormas yang ada di Bantul,” terang Kapolres Bantul AKBP Ihsan. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *