Lensa Jogja

Gak Cuma Kereta, Sekarang KMT Bisa untuk Bayar Trans Jogja

Kartu Multi Trip (KMT) telah diintegrasikan KAI Commuter untuk pembayaran Trans Jogja. Kemudahan yang ditawarkan ini merupakan bentuk kerja sama dengan pemerintah DIY, khususnya Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan Operator Bus Trans Jogja dan PT Anindya Mitra Internasional (AMI).

Dijelaskan oleh Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter, Wawan Ariyanto, KMT bisa digunakan untuk pembayaran Trans Jogja mulai Kamis 10 November 2022 kemarin.

Metode pembayarannya pun sama dengan penggunaan KMT pada kereta, yaitu dengan memotong saldo KMT yang tersimpan.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, berharap adanya KMT dapat memudahkan masyarakat untuk menaiki transportasi publik DIY dan sekitarnya.

Selain memudahkan mobilitas, integrasi ini juga dapat mewujudkan ekosistem digital di mana pembayaran dilakukan dengan non tunai.

“Kami akan upayakan bisa langsung naik dari halte stasiun Yogyakarta. Penggunaan transportasi publik harus menjadi sesuatu yang kita utamakan. Masyarakat harapannya juga menyambut transportasi publik sebagai sarana mobilitas,” ucapnya, dikutip pada Jumat (11/11).

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menambahkan halte di sekitar Stasiun Tugu. Hal ini demi memudahkan akses penumpang KRL untuk menaiki Trans Jogja.                                                                                       

Bagi yang belum memiliki, KMT dapat dibeli di loket-loket stasiun dengan harga Rp30.000 dan sudah terisi saldo sebesar Rp10.000. Untuk yang sudah memiliki, dapat melakukan top-up pada stasiun yang melayani operasional Commuter Line dan KA Prambanan Ekspres. (TR/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *