Lensa Kesehatan

Sering Alami Anxiety? Waspadai Pemicunya!

Anxiety atau rasa cemas merupakan gangguan kesehatan mental yang menyebabkan timbulnya rasa khawatir, takut atau cemas yang berlebihan. Hal tersebut terbilang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari karena anxiety dapat timbul kapan saja dan sulit dikendalikan.

Sebenarnya, anxiety adalah hal yang wajar dirasakan oleh seseorang ketika menghadapi situasi yang menimbulkan rasa takut. Namun, perlu disadari bahwa kecemasan tidak timbul tanpa sebab.

Berikut beberapa pemicu timbulnya anxiety yang harus kalian ketahui:

1. Kafein

Terdapat penelitian bahwa ada kaitannya rasa cemas seseorang dengan bahan kimia otak tertentu, terlebih dopamin dan nor-adrenalin. Konsumsi produk yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi, dapat memicu kecemasan.

2. Sosial Media

Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa ada hubungan antara sosial media dan kecemasan. Semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang di sosial media, semakin besar risiko kecemasan yang dialami.

3. Gaya Hidup yang Tidak Banyak Bergerak

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas menetap, seperti aktivitas yang melibatkan duduk, akan berisiko lebih tinggi mengalami kecemasan.

4. Terjebak di Lalu Lintas Padat

Lalu lintas yang kian padat membuat kalian tidak bebas dari jebakan kemacetan. Seringnya menyetir di lalu lintas yang sangat padat akan membuat kalian lelah dan emosi yang bisa berujung menjadi gangguan kecemasan. Bahkan, sebuah penelitian menghubungkan kebisingan lalu lintas dengan meningkatnya kadar kecemasan. (RY/L44) edited

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *