HeadlineLensa Terkini

Unggul dari Prabowo dan Anies, SMRC: Ganjar Berpotensi Maju Pilpres 2024

Lembaga survei Saiful Munjani Research & Consulting (SMRC) menempatkan Ganjar Pranowo berada di posisi teratas berdasarkan hasil survei terbarunya. Gubernur Jawa Tengah itu berhasil mengungguli nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam deretan 11 nama tokoh publik yang diajukan, Ganjar berada paling atas dengan angka 27.1%. Sementara Prabowo Subianto memperoleh angka 19.0% dan Anies Baswedan sebanyak 15.6%.

Selebihnya, ada Ridwan Kamil 8.5%, Agus Harimuti Yudhoyono (AHY) 3.5%, Erick Thohir 2.3%, Khofifah Indar Parawansa 2.2%, Puan Maharani 2.0%, Sandiaga Uno 1.9%, Andika Perkasa 1.9%, Airlangga Hartanto 0.8% dan sebanyak 15.3% tidak menjawab/tidak tahu.

Lebih lanjut, ketika nama para tokoh itu dikerucutkan menjadi 5 tokoh, nama Ganjar masih mampu bertahan dan masih disusul oleh Prabowo dan Anies Baswedan.

Ganjar dalam urutan lima tokoh itu mengantongi angka 30.1%, kemudian disusul Prabowo Subianto sebesar 27.7% lalu Anies Baswedan sebanyak 20.7%.

Di bawahnya, putri dari penggede PDIP yakni Puan Maharani memperoleh angka 4.0%, lebih banyak daripada Airlangga Hartanto yang hanya 1.3%.

Elektabilitas Ganjar kemudian juga tak goyah, saat diperkecil dengan 3 tokoh saja. Ganjar unggul dengan angka 32.0% dari Prabowo dan Anies yang masing-masing 30.8% dan 21.9%. Sementara sisanya, mengaku tak menjawab/tidak tahu.

Melihat hasil survei itu, Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyebut bahwa Ganjar berpotensi untuk maju sebagai calon presiden untuk pilpres 2024 mendatang.

Dalam keterangan resminya, Deni menyebut bahwa elektabilitas Ganjar menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari angka 6.1% pada Maret 2021 menjadi 17,6% pada Agustus 2022.

Ia pun menjelaskan, setidaknya ada 3 faktor yang memicu kenaikan elektabilitas Ganjar dalam lingkaran politik ini.

Pertama, Ganjar disebut konsisten menjadi tokoh yang lebih lebih disukai dibanding lawan-lawannya yang kompetitif. Ada 83% dari yang tahu, mengaku suka pada Ganjar Pranowo.

Kedua, poin Ganjar sebagai ‘orang yang dikenal’ secara perlahan terus naik. Pada survei Maret 2021, Ganjar baru dikenal sekitar 54 persen warga. Angka ini naik signifikan menjadi 71 persen pada Agustus 2022.

“Dukungan kepadanya terus naik dan dalam survei terakhir (Agustus 2022) ia unggul atas nama-nama lainnya,” kata Deni, dikutip pada Senin (24/10).

Terakhir adalah kedekatan dan interaksi Ganjar dengan Joko Widodo beberapa kali belakangan ini memindahkan dukungan untuk Jokowi ke Ganjar Pranowo. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *