Lensa MancaLensa Terkini

Netflix Siapkan Konsep Peluncuruan Studio Game Sendiri

Netflix diketahui sedang membangun studio game sendiri yang berbasis di Helsinki, Finladia. Ini dilakukan sebagai upaya intensif untuk memantapkan diri di industri game. Rencananya studio ini akan dipimpin oleh mantan eksekutif Zynga dan Electronic Arts Marko Lastikka.

Melansir dari BBC, Rabu (28/9) Netflix sebelumnya telah membeli perusahaan game kecil, yaitu pengembang Night School Studio Oxenfree.

Lastikka ialah orang yang sudah expert dalam game. Ia yang mendirikan studio Zynga di Helsinki dimana di sana dia sukses mengerjakan FarmVille 3 di bawah koordinasinya.

“Ini akan menghadirkan berbagai game orisinal yang menyenangkan dan sangat menarik, tanpa iklan dan pembelian dalam aplikasi,” ucap Amir Rahimi, Wakil Presiden Netflix Game Studios.

Alasan Netflix membeli Next Games yang berbasis di Helsinki adalah karena mereka sudah memiliki hubungan kerja dengan pengembang game yang membuat game berbasis mobile berdasarkan seri hit Netflix, Stranger Things.

Mereka mengaku semakin tertarik dengan industri game sejak beberapa tahun belakangan. Selain, juga karena mereka telah merilis series berdasarkan game seperti Arcane (dari League Of Legends) dan Cyberpunk Edgerunners (dari Cyberpunk: 2077)

Kendati begitu, tidak ada gambaran apakah studio Netflix bertujuan untuk mengembangkan game secara esklusif untuk mobile, atau juga akan menyasar para pengguna game console rumahan.

Seorang Analis Industri Independen, Eric Seufert mengatakan bahwa Netflix telah membuat investasi yang cukup besar dalam industri game. Kalau mereka ingin memanfaatkan IP yang banyak mereka miliki, mereka akan harus membuat banyak game itu sendiri karena bekerja dengan penerbit eksternal dalam kesepakatan lisensi IP akan rumit dan melelahkan. (HR/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *