HeadlineLensa Terkini

Ganjar Tantang Mahasiswa Ikut Dampingi Pembagian BLT BBM

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menantang organisasi mahasiswa, untuk ikut melakukan pendampingan proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) ke masyarakat.

“Siapa yang berani turun untuk mengawasi penyaluran BLT?” tanya Ganjar Pranowo saat membuka FGD “Dinamika dan Strategi Menghadapi Dampak Pengalihan Subsidi BBM” di Semarang, Selasa (27/9).

Alasan Ganjar memberikan tantangan ini, karena sudah ditemukan dugaan penyimpangan dalam penyaluran BLT BBM, salah satunya terjadi di wilayah Blora.

“Mahasiswa bisa mendampingi saat penyaluran, bentuknya demo juga,” ajak Ganjar.

Tantangan Ganjar itu, direspons dingin kelompok Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), yang sejak awal menolak kenaikan BBM. Sehingga ajakan mendampingi penyaluran BLT pun tidak akan diterima.

“Kalau sikap kita dari awal jelas kok, menolak kenaikan BBM, jadi untuk ajakan pak Ganjar, kita tidak mungkin bisa. Tapi silakan kalau ada teman-teman yang mau, kita juga tidak melarang,” kata Ketua HMI Cabang Semarang, Ilham Rosyid Hasibuan.

Namun, hal berbeda disampaikan oleh kelompok Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), yang ikut menyuarakan penolakan kenaikan BBM, tetapi juga aktif dalam kegiatan bakti sosial ke masyarakat yang terdampak.

“Kita menolak, aksi turun ke jalan. Namun kalau ada yang sifatnya sosial, kita juga mau bantu. Kemarin-kemarin diajak Polda Jawa Tengah baksos bagi sembako ke masyarakat terdampak, kita ikut. Kalau ajakan pak Ganjar baik, yang tidak salah juga kalau kita ikut,” ujar Ketua GMNI Cabang Semarang Harungguan Desmond Tampubolon.

Ganjar sendiri, tak menampik jika kenaikan harga BBM bersubsidi, pasti akan berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan, seperti penurunan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), kenaikan angka kemiskinan dan pengangguran hingga penurunan konsumsi rumah tangga.

Sejumlah masalah tersebut, kata Ganjar, juga telah disiapkan langkah antisipasinya oleh pemerintah, demi membantu masyarakat yang terdampak langsung. Termasuk pemberian subsidi.

Ganjar juga mempersilakan masyarakat untuk menyampaikan kritik  ataupun masukan mengenai kenaikan harga BBM. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *