HeadlineLensa Terkini

Di Balik Demonstrasi, Beginilah Aksi DPR RI di Ruang Sidang

Pada hari Senin-Selasa lalu, buruh dan mahasiswa melakukan demonstrasi di depan gedung DPR RI, untuk menolak kebijakan pemerintah dalam menaikan harga BBM bersubsidi.

Di balik aksi para demonstran tersebut, hal yang tak terduga justru terjadi di dalam ruang sidang DPR RI. Beberapa sikap anggota DPR RI ini, langsung menjadi sorotan publik dan heboh diperbincangkan di sosial media, di antaranya yaitu:

1. Kejutan Ulang Tahun Puan Maharani

Di tengah-tengah rapat paripurna DPR RI ke-4 sekaligus perayaan HUT DPR RI ke-77, Puan Maharani mendapatkan kejutan ulang tahun dari anggota DPR RI.

Lagu Zamrud yang berjudul “Selamat Ulang Tahun” pun diputar dan nyanyian ucapan selamat ulang tahun menggema di seluruh ruang sidang.

Para anggota DPR pun berdiri dan bertepuk tangan memberi ucapan selamat pada Puan Maharani. Wajah Ketua DPR tersebut pun, nampak sumringah kala mendapat kejutan tersebut.

“Kami seluruh peserta sidang dan tamu undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR Ibu Dr. (Hc.). Puan Maharani, semoga panjang umur, sehat selalu, serta dalam lindungan Allah SWT, Amin Ya Rabbal Alamin. Mari kita nyanyikan bersama lagu selamat ulang tahun untuk Ketua DPR.” demikian terdengar di sela-sela keriuhan, dikutip dari Youtube DPR RI, Rabu (7/9).

Aksi tersebut mengundang berbagai respon dari masyarakat.

Banyak warganet yang merasa prihatin. Di saat publik sedang melakukan demonstrasi di luar gedung DPR RI, di bawah terik matahari dan berpeluh keringat menyuarakan hak rakyat, para anggota DPR justru sedang bersuka cita merayakan hari jadi sang Ketua di tengah rapat paripurna.

“Diluar demo teriak kenaikan BBM yg mencapai 30%, di dalam gedung Dewan lagi happy menyanyikan lagu HBD kepada Ketua DPR yang di waktu jadi oposan mewek-mewek pas BBM naik gak seberapa,”cuit akun @Steven_Segel

“Astagfirullahalladzim, disaat rakyat sedang menyuarakan aspirasi #BatalkanKenaikanBBM, semua fraksi DPR RI lagi asyik nyanyi selamat ulang tahun untuk ketua DPR RI @puanmaharani_ri…,” tulis akun @UllbimaNtb

2. PKS Walkout dari Ruang Sidang

Pada rapat paripurna ke-4 DPR RI, anggota komisi VII DPR dari fraksi PKS menyatakan bahwa semua perwakilan PKS menolak kenaikan harga BBM bersubsidi. Mereka pun langsung walkout dari ruang sidang, sembari mengangkat kertas bertuliskan “PKS Menolak Kenaikan Harga BBM”.

“Kami ingin menyampaikan aspirasi masyarakat melalui PKS, dengan ini kami menyatakan bahwa fraksi PKS menolak kenaikan harga BBM bersubsidi, karena ini jelas-jelas memberatkan masyarakat!” kata anggota komisi VII fraksi PKS.

Sementara itu, menurut Amin AK, anggota Komisi VII Fraksi PKS, kebijakan kenaikan BBM ini berdampak kerugian yang besar bagi masyarakat. Tak hanya dalam sektor transportasi saja, melainkan juga berpengaruh pada semua lini kehidupan.

“Kenaikan harga BBM ini mempunyai dampak multiplayer effect mengganda pada kenaikan harga kebutuhan pokok, harga biaya transportasi, biaya pendidikan dan lain-lain. Sementara bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah hanya untuk sebagian rakyat kecil.” katanya.

Aksi tersebut tentu menuai sejumlah respon dari publik. Sebagian memuji aksi tersebut, tapi tak sedikit pula yang membandingkan aksi walkout PKS dengan aksi Puan Maharani, saat BBM naik pada masa pemerintahan Presiden SBY silam.

“PKS best…selalu mendengar rintihan masyarakat.” komentar salah satu warganet di Youtube DPR RI

“Saat SBY Presiden, Puan Maharani sambil menangis walkout meninggalkan ruang sidang DPR dan bergabung dengan rakyat menolak BBM naik. Kini, Selasa 06/9/2022, Puan Maharani Ketua DPR menyaksikan PKS walkout dari ruang sidang gabung dengan rakyat menolak kenaikan BBM,” cuit akun @najibgisymar

“Semoga ga kaya yang udah-udah ya pak. Soalnya DULU ada juga yang gitu sampai nangis-nangis demo turun ke jalan eh taunya Cuma sandiwara demi mencari simpati masyarakat.” tulis akun @pagidanhujan (NNK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *