Lensa Kuliner

Menikmati Pizza Jawa Ala Ndas Borok Temanggung

Restoran unik bernama ndas borok terletak di Pasar Legi Parakan, Kabupaten Temanggung. Meski terdengar seram, restoran ini menyajikan hidangan yang lezat dan unik berbahan dasar singkong.

Singkong pertama kali dikenalkan oleh bangsa Portugis pada abad ke-16 di daerah Maluku. Meski memiliki tekstur yang keras, namun singkong bisa diolah menjadi berbagai kudapan lembut dan nikmat, seperti kudapan ndas borok ini.

Makanan ndas borok disajikan dengan toping saus karamel yang terbuat dari gula jawa, yang mana bisa menambah rasa manis di lidah saat dimakan.

Untuk membuat ndas borok, bisa dilakukan dengan cara mengupas terlebih dahulu singkong yang sudah dicuci bersih, kemudian singkong diparut hingga halus. Selanjutnya, adonan ndas borok dimatangkan dengan cara dikukus.

Setelah sudah setengah matang, atas ndas borok ditaburi dengan kepingan gula merah secara merata. Lalu, dikukus kembali sampai gula merah agak sedikit cair.

Proses pengukusan ndas borok, biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dengan sekitar 30 menit saja, ndas borok bisa matang sempurna.

Ndas borok yang enak biasanya berukuran tebal, karena adonan ndas borok tidak akan mengembang, hanya saja teksturnya yang akan padat.

Ndas borok tidak hanya nikmat sebagai makanan semata, namun terdapat kandungan yang bergizi di dalam ndas borok ini. Kandungan tersebut meliputi pati dan glukosa. (NCA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *