HeadlineLensa Terkini

PBNU Bakal Tunjuk Plt Bendum Pengganti Mardani Maming

Jabatan Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang ditanggalkan oleh Mardani H Maming, akan segera diisi oleh orang baru. Rencananya, PBNU akan menunjuk Gudfan Arif Ghofur sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bendahara Umum.

Ketua PBNU, KH Ahmad Fahrurozi, mengatakan bahwa penunjukkan tersebut belum resmi dan masih akan menunggu keputusan pengadilan.

“Ya, Plt. Karena kan masih menunggu keputusan hukum yang tetap,” kata Fahrur dalam keterangannya, dikutip pada Kamis (11/8).

Sebelumnya, Mardani telah dinonaktifkan oleh PBNU sejak dikeluarkannya ketetapan praperadilan dari pengadilan terkait kasus yang menjeratnya, yakni dugaan tindak suap dan gratifikasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

“Sejak keluar keputusan pengadilan (praperadilan), dia otomatis non aktif untuk fokus kepada penyelesaian kasus hukumnya,” demikian keterangan PBNU sebelumnya.

Tindak suap itu, diketahui dilakukan oleh Mardani saat masih menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2015 dan 2016-2018.

Selain itu, sebelum resmi ditahan pada Juli lalu, Mardani sempat menjadi buronan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena kerap mangkir dari panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *