Lensa Kuliner

Mengenal Geblek, Kuliner Kulonprogo yang Sudah Mulai Langka

Kulonprogo berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo di sebelah barat dan selatan, serta Kota Magelang pada sisi sebelah timur. Mayoritas penduduk Kulonprogo memiliki mata pencaharian dengan berkebun dan bertani. Hal ini didukung kondisi wilayah yang sebagian besar terdiri dari pegunungan dan persawahan.

Begitu memasuki kawasan Kulonprogo, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah. Jajaran bukit hijau menyejukkan mata, seolah menyapa setiap pengendara yang melintas. Hamparan sawah hijau yang luas bak permadani, menambah suasana hati menjadi tenang dan damai.

Namun bukan hanya itu pesona dari Kulonprogo, ada salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal dan telah menjadi salah satu ikon kuliner di Kulonprogo, yaitu Geblek. Geblek memiliki bentuk yang unik, berbentuk angka 8 yang menambah ciri khas makanan ini. Bahkan Geblek menjadi inspirasi pembuatan ikon batik terkenal asli Kulonprogo, Batik Geblek Renteng.

Geblek terbuat dari bahan yang cukup sederhana yakni tepung kanji, bawang putih dan garam. Namun, dalam proses pembuatannya membutuhkan cukup keterampilan lebih, sehingga tidak heran bila banyak orang lebih memilih untuk membeli matang di area Kulon Progo dari pada membuatnya sendiri di rumah. Biasanya para penjual geblek buka pada sore hari di pinggir-pinggir jalan seputaran Kulon Progo.

Selain itu, Geblek sudah dijual dalam bentuk mentahan atau belum di goreng di toko oleh-oleh. Ketahanannya yang lama mencapai 4-5 hari, membuat makanan ini menjadi oleh-oleh favorit khas Kulon Progo. Seiring perkembangan waktu geblek juga telah mengalami berbagai modifikasi dengan menambahkan berbagai macam bubuk dengan aneka varian rasa seperti barbeque, sambal balado, sambal ijo, jagung bakar dan lain sebagainya yang tentunya semakin menambah varian cita rasa kenikmatan makanan ini.

Geblek sangat enak sekali dipadukan dengan tempe benguk. Tempe benguk, merupakan tempe yang terbuat dari biji benguk yang berwarna hitam. Menurut para penikmatnya, geblek dan tempe benguk merupakan perpaduan yang sangat tepat. Apalagi dikonsumsi saat masih hangat, karena nanti teksturnya akan kenyal dan juga sedikit keras.

Cara pembuatan geblek ini sangatlah sederhana dan cepat. Bahan-bahan untuk membuatnya adalah tepung kanji, bawang putih dan juga garam. Meskipun cara membuatnya mudah, namun butuh ketlatenan tersendiri. Berikut ini langkah-langkah yang bisa sahabat lakukan.

Kukus tepung kanji sampai memadat tapi tidak sampai matang.
Tiriskan lalu plintir-plintir sampai lonjong dan bumbui dengan garam.
Kemudian kukus sebentar sekitar 10 menit.
Tiriskan lagi lalu bumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan.
Bentuk seperti angka delapan lalu goreng. (LH/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *