Lensa Jogja

Bujuk Anak Berani Vaksin, Puskesmas Imogiri Beri Hadiah Hiburan

Ada banyak cara yang  bisa dilakukan untuk merayu anak-anak agar tidak takut divaksin Covid-19, salah satunya seperti yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Imogiri Satu Bantul pada Kamis (13/1).

Selain melakukan pendekatan serta komunikasi dengan peserta vaksinasi, pihaknya juga menghadirkan suasana vaksinasi yang familiar bagi anak-anak.

Di antaranya, menghiasi setiap ruang dengan pernak-pernik mainan anak, ada balon karakter hingga lampion warna-warni, serta memutar lagu anak-anak sehingga vaksinasi bernuansa menyenangkan.

Benar saja, dari hampir 300-an anak peserta vaksinasi yang digelar di SD Wukirsari Imogiri, seluruhnya terlihat tenang saat disuntik vaksin.

Pihak puskesmas berharap, melalui cara ini pelaksaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kapanewon Imogiri, dapat selesai sesuai target guna membentuk kekebalan tubuh komunal.

Terlebih lagi, guna melindungi anak-anak dari bahaya varian baru Covid-19 Omicron, yang kini telah menyebar di Indonesia.

Dari 9 Sekolah Dasar yang ada, tinggal 2 sekolah yang belum melaksanakan vaksinasi. Dengan sasaran 74 ribu lebih anak di seluruh Kabupaten Bantul, yang sudah divaksin hampir 57.500-an anak. Angka ini, setidaknya di Bantul sudah tercapai 76% lebih vaksinasi khusus anak untuk dosis pertama. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *