Lensa Jogja

Cegah Kerumunan, Alun-Alun Wates Ditutup di Malam Pergantian Tahun

Petugas dari Satpol PP Kabupaten Kulonprogo langsung memasang papan pengumuman di 3 titik lokasi, terkait rencana penutupan kawasan alun-alun Wates pada malam pergantian tahun, yang akan berlaku mulai 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Dengan penutupan ini, segala bentuk aktivitas yang biasanya dilakukan di alun-alun Wates bakal ditiadakan, termasuk kegiatan berjualan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL), serta olahraga ataupun berwisata.

Sterilisasi kawasan alun-alun Wates juga diimbangi dengan kegiatan patroli pada malam pergantian tahun, oleh personel gabungan dari Satpol PP, Dishub, Kodim dan Polres Kulonprogo.

Selama ini, kawasan alun-alun Wates memang selalu menjadi magnet bagi masyarakat ketika malam pergantian tahun. Sehingga memang diperlukan upaya pengurangan massa di kawasan tersebut.

Bahkan, meski tidak ada acara ataupun peringatan, alun-alun Wates selalu dipadati orang ketika malam pergantian tahun.

“Upaya penutupan kawasan alun-alun Wates merupakan langkah yang memang harus diambil agar kasus covid-19 di Kulonprogo tak kembali meledak pasca euforia tahun baru. Seluruh warga masyarakat diminta untuk mendukung upaya ini,” kata Joko Mursito, Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo.

Sementara itu, untuk para PKL nantinya akan dialihkan ke lokasi lain, agar bisa tetap berjualan.

“Sebagai kompensasi, ratusan pedagang ini direlokasi sementara di tiga titik lokasi yakni depan SD Negeri Percobaan 4, SMP Negeri 1 Wates dan di Jalan Baru Jogoyudan. Meski tetap bisa berjualan, para pedagang dihimbau tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan serta keamanan di area relokasi sementara ini,” kata Hera Suwanto, Sekdin Satpol PP Kulonprogo. (SA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *