HeadlineLensa Manca

Greta Thunberg Sebut Forum COP26 Adalah Kegagalan

Greta Thunberg, aktivis lingkungan asal Swedia dengan lantang dalam orasinya, menyebut bahwa pertemuan COP26 Glasgow beberapa waktu lalu merupakan sebuah kegagalan yang nyata.

Ia mengatakan bahwa apa yang dibicarakan oleh para pemimpin dunia di sana, tidak ada yang benar-benar mereka anggap serius, bahkan dikatakan oleh Greta bahwa forum itu tidak pantas disebut sebagai konferensi tentang iklim.

“Mereka sudah sadar, mereka tahu persis apa yang mereka lakukan. Mereka tahu persis berapa nilai yang mereka korbankan, demi mempertahankan bisnis seperti biasa. Para pemimpin tak melakukan apa-apa, mereka secara aktif menciptakan celah dan membentuk kerangka kerja, untuk menguntungkan diri mereka sendiri dan terus mengambil untung,” kata Greta, dikutip Sabtu (6/11).

Greta menambahkan bahwa pertemuan COP26 kini hanya menjadi pekerjaan rumah bagi para pemimpin, untuk membuat dan menyampaikan pidato yang indah tentang negara mereka masing-masing.

Para pemimpin itu, tampak menyampaikan komitmen yang serius terhadap lingkungan di negara mereka. Namun, tidak ada yang tahu tentang kebenaran yang disembunyikan di balik tirai pidato indahnya. Greta menyebut bahwa mereka bahkan menolak mengambil tindakan terkait iklim, tidak sesuai dengan pidatonya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *