Lensa Manca

Xi Janji China Akan Tetap Jaga Perdamaian Dunia

Xi Jinping, Presiden China menyatakan bahwa negaranya berjanji bahwa akan selalu menjaga perdamaian dunia dan menerapkan hukum internasional. Pernyataan ini disampaikan melalui pidato perayaan 50 tahun China kembali ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Seperti yang kita ketahui bahwa negara barat sedang melihat pergerakan China yang mengancam.

“China secara tegas menolak segala bentuk hegemoni dan kekuasaan politik, unilateralisme dan proteksionisme,” Ujar Xi mengutip dari Reuters, Senin (25/10).

Tak hanya itu, ia menambahkan akan pentingnya kerja sama internasional dalam menangani isu regional, terorisme, perubahan iklim, keamanan siber, dan biosecurity. Serta, mengajak seluruh negara untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian, pengembangan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan.

Pernyataan ini seakan tak sesuai dengan tindakan yang dilakukan China akhir-akhir ini. China sendiri kerap mengklaim Taiwan sebagai salah satu provinsi mereka. Xi dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, sering saling serang komentar dalam perebutan kedaulatan wilayah Taiwan.

Sebelumnya, China dikabarkan mengirim 150 pesawat ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan (ADIZ). Tak hanya itu, China juga melakukan latihan militer di dekat wilayah Taiwan.

Bukan hanya di Taiwan, China juga membuat klaim sendiri atas Laut China Selatan (LCS) yang membuatnya bersinggungan dengan negara ASEAN seperti Filipina, Malaysia, Brunei, Vietnam, dan Jepang. (MRS L44).

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *