HeadlineLensa Jogja

Pemda DIY Siapkan 340,5M Danais untuk Penanganan Covid-19

Menindaklanjuti permintaan DPRD yang mendesak untuk Pemda DIY mengalokasikan Danais untuk penanganan Covid-19 direspon apik. Paniradya Pati Keistimewaan DIY Aris Eko Nugroho mengatakan, bahwa Pemda DIY telah menyoapkan sebesar Rp340, 5 miliar Danais yang nantinya akan digunakan untuk penanganan Covid-19. Ia menjelaskan bahwa besaran Danais tersebut juga akan dibagi menjadi tiga penggunaan.

“Alokasi Danais itu untuk pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat,” Terangnya dalam wawancara pada Kamis, (8/7).

Meskipun begitu, Aris juga menyampaikan bahwa dana tersebut masih perlu dipertimbangkan penggunaannya. Lamanya masa pandemi membuat setiap aspek kehidupan masyarakat harus dicukupi dengan rata.

Lebih lanjut, Aris menambahkan tentang penggunaan Danais tersebut nantinya akan bekerja sama dengan APBD DIY di masing-masing OPD. seperti untuk pemenuhan kebutuhan shelter isolasi Covid-19 yang diatur oleh Petugas Tanggap Bencana (Ragana), Personil Satlinmas Rescue Istimewa (SRI), dan Kelompok Jaga Warga.

“Kami sudah merencanakan untuk 1200 kelompok jaga warga, namun sampai saat ini belum sampai 600 kelompok yang telah terbentuk,” Tuturnya. Selain untuk penanganan Covid-19, Aris menyebutkan bahwa Danais tersebut akan disalurkan juga untuk penyediaan WIFI gratis bagi anak sekolah dan UMKM, serta dana untuk kesehatan yang berkaitan dengan jamu tradisional dan jamu gendong sebesar Rp1,7 miliar. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *