HeadlineLensa Jogja

Desa Prima, Sebuah Langkah Wujudkan Kesetaraan Gender

Desa Prima adalah sebuah program yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk. Melalui program ini dinas P3AP2 berusaha meningkatkan kesejahteraan perempuan dan kesetaraan gender. (12/6)

Dinas P3AP2 melakukan pendampingan dan bimbingan terhadap para perempuan yang memiliki usaha dan terdaftar dalam program Desa Prima, harapannya agar usaha yang dilakukannya dapat semakin berkembang.

Kepala bidang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan Nelly Tristina menyampaikan bahwa program Desa Prima ini merupakan sebuah langkah kecil untuk mewujudkan kesetaraan gender di lingkup masyarakat.

“Salah satu yang ingin kita wujudkan adalah kita ingin mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender. Baik itu di keluarga sampai ketataran pemerintahan. Jadi kesetaraan gender itukan diawali dari rumah sebenarnya. Bagaimana laki-laki dan perempuan mampu berbagi peran, tugas dan fungsi domestik maupun publik. Tetapi jangan sampai kemudian setelah perempuan keluar dari rumah, tugas-tugas rumah itu hanya menjadi tugasnya perempuan lagi. Malah terjadi beban ganda kan, sehingga mestinya memang harus ada pembagian peran bagaimana laki-laki juga terlibat dalam kegiatan domestik, perempuan juga kemudian karena sudah mampu secara finansial juga melupakan tugasnya yang ada di rumah.” Jelas Nelly Tristina, Kabid kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Berbagai pendampingan telah dilakukan oleh dinas P3AP2 dalam mewujudkan kesetaraan gender, pendampingan ini diantaranya adalah pendampingan dalam bidang ekonomi hingga pendampingan bagaimana membentuk keluarga tangguh. (Tim Liputan / L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *