HeadlineLensa Manca

Greta Thunberg Australia Meningkatkan Aktivisme Perubahan Iklim

Memimpin ribuan pengunjuk rasa protes melalui pusat Sydney dan bergabung dengan gugatan bukanlah kegiatan yang biasa bagi sebagian besar anak berusia 14 tahun.

Tetapi mahasiswa Australia bernama Izzy Raj-Seppings telah meninggalkan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih sembrono demi meningkatkan tekanan pada kepemimpinan negara itu untuk memerangi perubahan iklim.

Raj-Seppings telah menjadi salah satu aktivis lingkungan paling terkemuka di negara itu sejak wajahnya yang berlinang air mata menjadi berita utama global pada akhir 2019 ketika dia menatap polisi anti huru-hara yang mengancam akan menangkapnya di luar rumah perdana menteri.

“Saya pikir banyak orang melihat kami dan hanya berkata, ‘oh, mereka anak-anak, mereka tidak tahu apa yang mereka bicarakan,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada 6 April.

“Tapi saya pikir mereka meremehkan kita (para anak-anak) dan mereka tidak menyadari betapa kuatnya kita dan seberapa banyak pekerjaan yang kita lakukan. Kami mendengarkan para ilmuwan yang telah mencoba untuk mendapatkan perhatian orang selama beberapa generasi dan orang-orang belum melakukannya. mendengarkan mereka tentang perubahan iklim.”

Australia adalah penghasil karbon per kapita tertinggi di antara negara-negara terkaya di dunia dan, menurut Raj-Seppings, kelambanan Perdana Menteri Scott Morrison terhadap perubahan iklim menunjukkan perlunya perubahan dalam kepemimpinan.

Perselisihannya dengan polisi pada 2019 terjadi ketika remaja berusia 13 tahun itu bergabung dengan pengunjuk rasa yang marah di luar kediaman resmi Morrison di Sydney setelah kebakaran hutan yang menghancurkan – protes pertamanya. Insiden itu membuat Raj-Seppings dijuluki “Greta Thunberg Australia” oleh media lokal.

Dia melangkah lebih jauh ke dalam sorotan bulan ini, memimpin ribuan sesama siswa dalam pawai protes “School Strike 4 Climate” melalui pusat kota Sydney.

Dia juga salah satu dari delapan remaja yang mengajukan gugatan class action terhadap pemerintah federal, dengan alasan bahwa perluasan tambang batu bara di negara bagian New South Wales akan berkontribusi pada perubahan iklim dan membahayakan masa depan mereka.

Kasus ini menghasilkan putusan penting pekan lalu bahwa menteri lingkungan negara itu memiliki apa yang disebut tugas perawatan, atau kewajiban moral kepada anak-anak untuk mempertimbangkan bahaya yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Raj-Seppings memiliki pesannya sendiri untuk Perdana Menteri Scott Morrison, seandainya dia memiliki kesempatan untuk bertemu dengannya suatu hari nanti.

“Saya pasti akan memberitahunya bahwa dia memang perlu bangun, bahwa waktunya akan tiba untuk bertindak dan kita membutuhkannya sekarang,” katanya dalam wawancara 6 April. (Reuters)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *