HeadlineLensa Terkini

Bupati Cianjur Ungkap Korban Meninggal Gempa Cianjur Mencapai 600 Jiwa

Bupati Cianjur, Jawa Bawat, Herman Suherman, dalam keterangan persnya pada Senin (12/12), mengungkapkan bahwa korban meninggal atas gempa Cianjur kini tercatat sebanyak 600 jiwa.

Herman menjelaskan, 600 jiwa itu meliputi ratusan korban yang tidak terdata alias tidak dilaporkan kematiannya oleh warga. Menurutnya, tak sedikit warga yang memilih langsung memakamkan korban.

Adapun rincian jumlah korban yang terdata di catatannya, terhimpun sebanyak 335 jiwa dan yang tidak terdata sejumlah 265 jiwa.

“Banyak yang tidak melaporkan anggota keluarganya yang meninggal akibat gempa, setelah dilakukan pendataan ulang jumlahnya mencapai 600 orang yang tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur, dan Warungkondang,” kata Herman, dikutip pada Selasa (13/12).

Ia menambahkan, di Kecamatan Cugenang sendiri tercatat 400 orang meninggal termasuk 8 orang yang hingga kini masih dalam pencarian.

Bersamaan dengan itu, Herman terus memantau pembaruan data korban meninggal yang ditugaskan kepada RT/RW dan perangkat desa di tiap masing-masing wilayah.

“Data korban meninggal berdasarkan nama per alamat dengan surat keterangan kematian dari pemerintah desa, sehingga data tersebut akan diteruskan ke Kemensos agar keluarga yang ditinggalkan dapat menerima uang duka,” tambahnya.

Lebih lanjut, terkait bantuan bagi keluarga meninggal, kata Herman, akan langsung dicairkan kepada penerima setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan RI setidaknya akhir tahun ini.

“Sudah kami serahkan dan akan segera dicairkan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk selanjutnya akan dibagikan kepada ahli waris di akhir tahun,” ungkapnya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *