Lensa Lifestyle

10 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Bahan Alami

Munculnya kerutan di wajah memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia tapi bukan berarti tidak bisa ditunda. Perawatan kulit wajah sejak dini terbukti bisa menunda munculnya kerutan dan membuat tetap kelihatan awet muda.

Ada beberapa cara untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah, di antaranya dengan menjalankan pola hidup sehat, memakai produk dengan kandungan bahan tertentu, atau melakukan perawatan yang bisa jadi menuntut biaya mahal.

Namun, jika Anda termasuk penggemar bahan-bahan alami maka berikut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang perlu Anda coba.

Sebelum sampai ke sana, Anda mungkin penasaran soal mengapa kerutan bisa muncul di wajah. Kerutan bisa terjadi karena tekstur kulit yang menipis dan melorot akibat jaringan penyokongnya melemah.

Tak cuma wajah saja yang bisa jadi sasarannya namun kulit leher, punggung tangan dan lengan juga bisa berkerut.

Sebenarnya, kerutan itu merupakan gejala penuaan yang alami. Bertambahnya usia membuat jaringan penyokong kulit; kolagen dan elastin semakin melemah.

Namun, penuaan dini atau kerutan berlebih juga bisa dipicu oleh faktor lain, seperti terlalu sering ‘berjemur’ di bawah terik matahari tanpa perlindungan yang memadai, asap rokok, efek samping obat tertentu, stres berlebihan, berat badan turun drastis, kurang vitamin E, serta faktor genetik.

Jika Anda mulai melihat adanya kerutan di wajah, maka jangan tunda lagi. Segera gunakan beberapa bahan berikut untuk menghilangkan kerutan di wajah secara alami.

1. Pisang

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan pisang. Pisang salah satu buah yang kaya akan vitamin B, C, dan E serta potassium yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Selain itu, pisang juga memiliki manfaat yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, melawan kerusakan akibat radikal bebas, melembapkan kulit dan membantu merangsang produksi kolagen.

Anda bisa menggunakan pisang yang diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Caranya, siapkan satu buah pisang, kemudian blender hingga halus. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan 30-40 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak pijat jempolan untuk kulit. Selain merupakan sumber antioksidan seperti vitamin A dan E, minyak zaitun juga bisa menangkal radikal bebas penyebab rusaknya struktur kulit.

Anda tinggal memijatkan secara rutin minyak zaitun ke kulit. Biarkan minyak meresap, melembabkan, memperbaiki, dan meregenerasi sel kulit. Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes madu dan minyak zaitun dengan gliserin. Pijatkan ke kulit 2 kali sehari agar sel kulit mati hilang dan kulit lebih kencang.

Anda juga bisa memijatkan minyak kelapa atau vitamin E untuk mencegah sekaligus mengurangi kerutan.

3. Lemon

Air lemon kaya akan asam sitrat yang bertindak sebagai exfoliator alami sehingga dapat mengikis sel kulit mati. Selain bersifat membersihkan, air lemon juga merupakan astringent yang dapat memudarkan noda, kerutan, garis halus, serta tanda penuaan lain seperti lingkar hitam.

Anda tinggal menggosokkan sedikit air lemon ke wajah, diamkan 5-10 menit, lalu bilas. Lakukan 2-3 kali sehari. Alternatif berikutnya adalah dengan mencampurkan masing-masing 1 sdt yogurt, madu, minyak vitamin E, dan air lemon. Oleskan ke kulit, biarkan selama 15-20 menit.

4. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang jadi favorit banyak orang. Selain enak, alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan karena mengandung selenium, vitamin B, C, E, dan K, zinc, folat, dan beta karoten yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Anda bisa siapkan satu buah alpukat. Ambil dagingnya kemudian haluskan hingga menjadi pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air biasa.

5. Wortel

Sudah bukan rahasia lagi kalau wortel itu kaya akan vitamin A, yang ternyata baik juga untuk merangsang produksi kolagen. Untuk menggunakan wortel sebagai penangkal kerutan selain memakannya mentah, Anda bisa memakai resep berikut:

  • Didihkan 2-3 batang wortel ke dalam air hingga teksturnya lunak. Lalu blender wortel bersama madu hingga membentuk pasta.
  • Oleskan itu ke wajah, diamkan selama sedikitnya 30 menit, lalu bilas memakai air hangat.
  • Kombinasikan jumlah yang sama antara jus wortel dan madu.
  • Oleskan ke wajah pagi dan malam, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

6. Kelabat

Daun, biji, bahkan minyak kelabat dapat mengatasi berbagai gangguan kulit termasuk kerutan. Daun kelabat misalnya, sangat kaya vitamin dan mineral yang mudah diserap tubuh sehingga dapat menghilangkan kerutan dan garis halus secara alami kalau rutin digunakan.

Anda tinggal memetik beberapa daun kelabat segar, mencucinya, lalu menumbuknya hingga halus. Oleskan pasta daun kelabat tersebut ke wajah, diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air hangat.

Anda juga dapat mencuci wajah menggunakan air yang sebelumnya sudah dididihkan dengan biji kelabat, atau langsung oleskan saja minyak kelabat ke kerutan dan garis halus.

7. Jahe

Siapa sangka kalau jahe juga termasuk dalam bahan alami penangkal kerutan? Semua ini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Lebih dari itu, jahe juga bisa mencegah rusaknya elastin, salah satu penyebab munculnya kerutan dan garis halus.

Cara menghilangkan kerutan di wajah menggunakan jahe adalah dengan mencampur sedikit bubuk jahe dengan 1 sdm madu, lalu konsumsi itu setiap pagi. Anda juga bisa minum rutin teh jahe 2 kali sehari.

8. Nanas

Nanas mengandung enzim yang dapat meningkatkan elastisitas, melembabkan, dan mengangkat sel kulit mati. Selain kaya antioksidan, buah ini juga tinggi serat dan vitaminnya.

Untuk menghilangkan kerutan wajah dengan nanas, gosokkan buah nanas ke kulit, biarkan hingga kering (kurang lebih 20 menit), lalu bilas dengan air. Mengoleskan jus dari nanas hijau ke kulit setiap hari selama 5 menit lalu dibilas, juga bisa menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat tak hanya untuk tubuh, tapi juga wajah. Lidah buaya juga biasa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kandungan zat aktif pada lidah buaya mampu memperbaiki elastisitas kulit sehingga kulit kembali kenyal dan kencang.

Caranya cukup siapkan gel lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan pada wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

10. Putih Telur

Putih telur kaya akan vitamin E yang dapat membantu meremajakan kulit wajah, membantu menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit, mengecilkan pori-pori, serta melembabkan kulit wajah.

Caranya, Anda bisa siapkan satu butir telur ayam, lalu pisahkan dengan kuningnya. Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian oleskan ke wajah menggunakan kuas secara merata. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air biasa.

Selain 10 cara alami menghilangkan kerutan di wajah tadi, masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan seperti:

  • Batasi kulit agar tak terlalu sering terkena sinar matahari, terutama saat siang hari.
  • Kurangi dan atasi stres karena stres kronis bisa mempercepat penuaan.
  • Berhentilah merokok karena asapnya dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan kulit keriput sebelum waktunya.
  • Makan lebih banyak lagi sumber vitamin E seperti jeruk, blueberry, grapefruit, nanas, brokoli, paprika, bayam, dll. Vitamin E tak hanya merangsang pembentukan kolagen, namun juga menangkal radikal bebas. Selain itu, makanan sumber asam omega-3 juga dapat membuat kulit awet muda.
  • Cukup tidur dan lebih baik berbaringlah dalam posisi terlentang agar kulit tak berkerut.
  • Kontrol ekspresi wajah, hindari mengedipkan mata atau mengerutkan dahi karena mimik semacam ini membuat otot wajah bekerja lebih ekstra.

Ingatlah, meski kerutan merupakan gejala penuaan alami, namun bukan berarti tak ada hal yang bisa dilakukan untuk menundanya. (RDM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *