Lensa Jogja

Bantul Wujudkan Pendidikan Unggul Melalui Sekolah Budaya

SMP Negeri 3 Bantul terus berkomitmen dalam mewujudkan potensi pendidikan yang unggul, salah satunya dengan mencanangkan sekolah ramah anak menuju sekolah budaya.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam penampilan Tari Kolosal dari para siswa yang menjadi salah satu penyemarak dalam Hari Jadi SMP Negeri 3 Bantul yang ke-37, Kamis (1/12).

Ratusan pelajar SMP Negeri 3 Bantul kompak mengenakan pakaian tradisional sebagai bagian dari simbolisasi sekolah budaya. Cita-cita itu mereka wujudkan dalam deklarasi sekolah budaya yang digelar di halaman sekolah.

Selain perayaan hari jadi sekolah, momentum ini juga sekaligus menjadi media untuk meningkatkan prestasi di semua aspek pendidikan, baik akademik maupun non akademik.

Mengingat, sektor pendidikan merupakan bagian terpenting dalam mewujudkan lahirnya generasi cerdas dan berakhlak mulia sebagai salah satu karakter budaya bangsa.

“Semoga ke depannya SMP 3 Bantul lebih berprestasi, berbudaya, berkarakter sesuai dengan visi misi pendidikan Bapak Menteri. Kali ini kita mempunyai kesamaan komitmen untuk mencanangkan unggulan dari sekolah kami, selain sekolah ramah anak, kali ini kita canangkan menuju sekolah budaya,” kata Kusmiyati, Kepala SMP 3 Bantul.

Kusmiyati pun menjelaskan, untuk menuju sekolah budaya pihaknya telah melalui beberapa prosedur, seperti monitoring dan diklat yang diikuti oleh para guru. Nantinya, hasil monitoring dan evaluasi itu akan diimplementasikan dalam kurikulum.

Selain itu, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh para guru pun, memuat unsur-unsur budaya. Hal ini juga kemudian didukung oleh sarana prasarana sekolah yang bernuansa budaya.

Memasuki usianya yang ke-37 ini, SMPN 3 Bantul terus berjuang untuk mengukir prestasi, di mana selain fokus di bidang akademik, pihaknya juga berusaha menanamkan jiwa berbudaya berkarakter sesuai dengan nilai-nilai pendidikan. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *