HeadlineLensa Jogja

Perlu Ditiru, Komunitas Warsimah Tawarkan Pembelajaran Menarik Dimasa Pandemi

Pemberlakuan kegiatan belajar mengajar dari rumah secara online tak serta merta menjadi solusi tanpa kendala. Banyak orangtua wali murid Sekolah Dasar kesulitan mendampingi anak karena tidak paham dengan materi pembelajaran. Keberadaan Relawan Mengajar di Kota Yogyakarta menjadi penting selain untuk membantu siswa belajar online juga memberi pembekalan anak ketrampilan dan kreatifitas.

Sejak diluncurkan beberapa bulan lalu Program Relawan Mengajar di Kota Yogyakarta, kian bermunculan di berbagai sudut perkampungan seperti halnya juga di Gunungketur Pakualaman Yogyakarta ini. Dikemas dengan nuansa bermain, belasan anak Sekolah Dasar ini terlihat antusias dan gembira mengikuti sesi pembelajaran bersama sejumlah Relawan Mengajar. Namun Program Relawan Mengajar ini tak sekedar mengulas materi sekolah, disini anak-anak juga dibekali beragam ketrampilan dan kerajinan yang menggembirakan. Salah satunya adalah belajar membuat kerajinan yang sudah populer di mancanegara, terutama di Eropa yakni seni decoupage atau seni menghias objek dengan menempelkan kertas tisu pada kaleng atau botol bekas yang sebelumnya telah dilapisi cat warna.

Para relawan yang tergabung dalam komunitas Warung Edukasi Omah Kreatif atau Warsimah, kegiatan relawan mengajar ini telah dirintis sejak awal pandemi merebak di Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan setidaknya belasan relawan yang berasal dari berbagai latar belakang. Salah satu kelas adalah Kelas Kreatifitas yang merupakan salah satu dari empat tema pembelajaran yang digelar setiap hari Rabu hingga Jumat. Ada juga kelas sains, maple dan cooking class. Kegiatan ini sengaja digelar sebagai wadah pendampingan bagi anak-anak agar lebih kreatif dan menumbuhkan semangat belajar.

“Relawan Mengajar merupakan bentuk respon masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 utamanya di sektor pendidikan. Sejak diluncurkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta beberapa bulan lalu, program Relawan Mengajar diharapkan dapat memberikan solusi bagi anak-anak saat sekolah di rumah,” kata Yunung Rosyanti, salah satu relawan dari program Relawan Mengajar. Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta, juga memberikan dukungan positif terhadap kegiatan yang digerakkan oleh komunitas Warsimah tersebut. “Komunitas Warsimah didirikan sebagai solusi bagi dampak ekonomi dan dampak edukasi akibat pandemi Covid-19. Gerakan ini muncul sebagai pusat kreatifitas anak khususnya di wilayah Gunungketur Pakualaman. Disini, selain sebagai wadah bermain dan edukasi, anak-anak juga dapat belajar bersama Relawan Mengajar atau membaca aneka ragam buku di Shelter Angkringan,” ujar Heroe.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *