Lensa Terkini

Makin Canggih, Kamera ETLE Bakal Bisa Deteksi Pengendara yang Tak Punya SIM

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kini tengah mengembangkan kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan teknologi yang semakin canggih.

ETLE tersebut, nantinya akan memiliki kemampuan untuk mendeteksi para pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, menjelaskan bahwa polisi akan memasangkan fiture face recognition (pengenalan wajah) pada kamera tilang elektronik.

“Jadi nanti akan berkembang dengan ‘face recognition‘, jadi menangkap wajah, namanya siapa alamatnya di mana, punya SIM atau tidak, nanti bisa terdeteksi,” jelas Latif dalam keterangannya, dikutip pada Rabu (30/11).

Untuk mengaplikasikan fiture face recognition ke dalam sistem ETLE, Latif mengatakan, Polda Metro Jaya akan menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) selaku pemegang database kependudukan.

“Kita akan kerja sama dengan Dukcapil,” ujarnya.

Namun, Latif belum mengatakan kapan fitur tersebut mulai digunakan pada sistem ETLE Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. Jika sudah diberlakukan maka kamera tilang elektronik bisa melihat siapa pihak yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri telah meniadakan tilang manual dan sepenuhnya menerapkan sistem tilang elektronik, sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menginstruksikan Korlantas Polri agar mengoptimalkan ETLE statis dan mobile, serta mengurangi tilang manual untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli).

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Saat ini, Polda Metro Jaya mengandalkan 57 titik kamera ETLE statis yang dipasang di lokasi-lokasi strategi untuk menindak pelanggar aturan lalu lintas. Selain jenis statis Polda Metro Jaya juga memiliki 10 ETLE mobile di kendaraan patroli.

Pada tahun depan rencananya akan ada tambahan ETLE statis baru sebanyak 70 kamera. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *