Lensa Kesehatan

Cara Mudah Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan semua orang. Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri, khususnya saat berhadapan dengan orang lain. Bahkan demi mendapatkan gigi yang putih, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan anggaran lebih untuk melakukan perawatan khusus.

Namun, bagi kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, cara memutihkan gigi kuning secara alami ini bisa menjadi pilihannya. Berikut cara alami memutihkan gigi yang ampuh dan bisa dilakukan setiap hari:

1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Mungkin belum banyak yang tahu kalau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga termasuk cara membersihkan gigi kuning.

Sebuah studi dari Journal of Clinical Periodontology mengungkapkan, defisiensi vitamin C dapat memperparah peridontitis, yaitu penumpukan bakteri pada gigi dan gusi. Penumpukan bakteri tersebutlah yang berkontribusi terhadap perubahan warna gigi.

Inilah yang menjadi alasan mengapa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dianggap sebagai cara memutihkan gigi dengan bahan alami yang efektif.

Namun, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan apakah vitamin C memiliki efek memutihkan pada gigi.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan untuk mengatasi gigi kuning yang dapat ditemukan di dapur.

Dalam sebuah riset dari Nigerian Medical Journal, berkumur dengan minyak kelapa dipercaya efektif mengurangi penumpukan plak. Perlu dipahami bahwa penumpukan plak pada gigi kerap menyebabkan gigi kuning.

Sayangnya, masih dibutuhkan lebih banyak studi untuk membuktikan keampuhan minyak kelapa sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

3. Cuka Apel

Cuka apel disebut sebagai pemutih gigi alami karena berpotensi menghilangkan noda dan meningkatkan warna putih pada gigi.

Sebuah studi hewan uji dari Journal of Sichuan University menjelaskan, cuka apel mempunyai efek pemutih pada gigi. Akan tetapi, cara alami memutihkan gigi ini dianggap kontroversial, karena cuka apel dapat merusak permukaan gigi jika digunakan terlalu sering.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mempraktikkan metode ini.

4. Daun Sirih

Selain biji buah pinang, nenek moyang kita dahulu juga menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami.

Caranya, ambil 1-2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokkan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, juga bisa dengan merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

5. Arang Kayu

Arang kayu yang memiliki kandungan alkali ini, mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Kamu bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Caranya, ambil secuil arang kayu, kemudian haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kemudian kamu bisa menyikatkan pada bagian gigi. Hati-hati untuk pemilik gigi kuning yang sensitif dan berlubang, beberapa bahan alami di atas tidak cocok untuk menghilangkan noda pada gigi yang bermasalah.

6. Strawberry

Siapa yang tak suka makan buah strawberry? Buah yang memiliki rasa sedikit masam ini menjadi buah yang dapat memutihkan gigi secara alami. Selain bisa dikonsumsi setiap hari, kamu bisa menggunakannya untuk memutihkan gigi dengan cara menggosok-gosokan bagian luar buah strawberry ke gigi. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi kamu.

7. Jeruk Nipis

Meski rasanya asam, jeruk nipis diyakini dapat memutihkan gigi kuning, lho!

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis cukup mudah. Cukup mencampurkan sejumput soda kue dan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Selanjutnya, gosok gigi dengan campuran kedua bahan tersebut dan diamkan selama 5-10 menit.

Jangan lupa membersihkan mulut dan gigi dengan air bersih setelah melakukannya.

Kendati mudah dilakukan, belum ada studi yang bisa membuktikan efektivitas cara memutihkan gigi yang kuning dan berkarang ini.

Kini untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih tidak selalu dilakukan dengan perawatan gigi yang mahal. Kamu bisa melakukan cara memutihkan gigi kuning secara alami setiap hari dengan cara yang lebih mudah dan murah. (RDM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *