Lensa Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Minyak alami ini tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, tetapi juga menurunkan tekanan darah. Tak heran bila minyak zaitun kerap digunakan untuk mengolah makanan atau sebagai campuran bahan makanan. Berikut manfaat lain dari minyak zaitun:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Woman is clutching her chest, acute pain possible heart attack

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang, mulai usia muda hingga tua, karena bisa mengancam nyawa mereka. Untungnya, risiko terkena penyakit tersebut bisa diturunkan dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Manfaat tersebut pernah dibuktikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS, dalam studi yang dipublikasikan November tahun 2018. Keterkaitan antara penyakit jantung dengan minyak zaitun tidak bisa dilepaskan dari kandungan asam folatnya. Dalam hal ini, asma folat memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Minyak zaitun disarankan digunakan untuk mengolah makanan. Ini karena konsumsi minyak zaitun bisa meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh, yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan kuat dalam minyak zaitun memiliki tindakan antiinflamasi yang bisa juga mengurangi kerusakan DNA.

3. Mengatasi Sembelit

Pola makan kurang sehat, seperti jarang minum air atau kurang mengkonsumsi makanan berserat disebut sebagai penyebab sembelit. Selain mengonsumsi serat dari buah dan sayuran, sembelit juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi minyak zaitun.

Lemak dalam minyak zaitun dipercaya mampu membantu menghaluskan bagian dalam usus dan memudahkan buang air besar. Caranya, minum satu sendok makan minyak zaitun saat perut kosong di pagi hari.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun, yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

5. Melindungi Otak dari Penyakit Alzheimer

Manfaat minyak zaitun juga dapat melindung otak dari penyakit Alzheimer. Studi menunjukkan, mengonsumsi minyak zaitun extra-virgin bermanfaat untuk melindungi memori dan kemampuan belajar, serta mengurangi pembentukan protein yang menumpuk di otak.

Para ilmuwan di Lewis Katz School of Medicine at Temple University (LKSOM) di AS, mengidentifikasi manfaat minyak zaitun dalam mencegah penyakit Alzheimer sebagai berikut.

  • Mengurangi peradangan otak.
  • Meningkatkan memori kerja.
  • Meningkatkan memori spasial.
  • Meningkatkan kemampuan belajar.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Doctor checking blood sugar level with glucometer. Treatment of diabetes concept.

Minyak zaitun murni dapat mengurangi risiko diabetes melitus atau diabetes tipe 2, yaitu kondisi tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh menolak insulin. Senyawa fenolik yang ada dalam minyak zaitun murni dapat membantu metabolisme glukosa serta meningkatkan sensitivitas dan efektivitas insulin.

Sebuah analisis jurnal Nutrition & Diabetes menemukan bahwa manfaat minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 13% dibandingkan dengan diet rendah lemak. Minyak zaitun juga ditemukan dapat membantu menormalkan glukosa darah pada orang yang sudah menderita diabetes tipe 2.

7. Menjaga Kesehatan Prostat

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan prostat menurut studi dalam Alternative Therapies in Health and Medicine. Dalam studi itu, 20 partisipan pria mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin organik saat sarapan dan/atau makan siang selama 30 hari.

Hasilnya, kandungan likopen dalam minyak zaitun terbukti dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas, yaitu salah satu faktor yang mungkin berkontribusi dalam penurunan kesehatan prostat.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan sampai melewatkan minyak zaitun untuk mengolah makanan agar tubuh Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat! (RY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *