Lensa Kesehatan

Jarang Diketahui! Ini 5 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia

Tubuh manusia terdiri dari sel, jaringan, organ, dan sistem yang kompleks, yang pada setiap kegiatan manusia, seluruh organ dalam tubuh itu akan berfungsi.

Namun, tidak banyak orang tahu bahwa seluruh fungsi dari tubuh yang kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk dipelajari.

Penasaran? Berikut 5 fakta unik tentang tubuh manusia yang harus kamu tahu.

1. Mata Berkedip sekitar 20 kali per menit

Berdasarkan healthline, rata-rata manusia berkedip sebanyak 15 sampai 20 kali per menit. Ketika kelopak mata menutup, sekresi dari kelenjar air mata akan mengusap permukaan mata, menghapus debu-debu kecil dan melumasi bola mata.

Berkedip berguna menjaga mata tetap teroksigenasi dan lembab, serta membersihkannya dari kotoran-kotoran.

2. Kulit adalah organ tubuh terbesar

Berdasarkan WebMD, kulit menjadi organ tubuh terbesar karena memiliki luas total sekitar 1,8 meter persegi. Kulit berguna mengatur suhu tubuh, melindungi dari mikroba, dan dapat merasakan sensasi sentuhan, panas, dan dingin.

3. Tulang paha adalah tulang terbesar

Tulang paha (femur) menjadi tulang terbesar dalam tubuh manusia. Diketahui, tulang paha mencakup sendi pinggul dan lutut. Bagian tubuh ini berfungsi untuk menjaga postur tegak dengan mendukung kerangka.

4. Telinga dan hidung selalu memanjang

Berdasarkan Discovery, hal ini disebabkan oleh adanya gravitasi dan bukanlah sebuah pertumbuhan yang sebenarnya. Bertambahnya usia manusia maka gravitasi mampu sebabkan tulang rawan di telinga dan hidung rusak dan memanjang. Kurang lebih, telinga akan memanjang sebesar 0,22 milimeter per tahun.

5. 50 hingga 100 helai rambut rontok per hari

Berdasarkan American Academy of Dermatology Association, dalam sehari terdapat sekitar 50 hingga 100 helai rambut yang rontok. Ini merupakan bagian dari siklus pembaruan alami dari tubuh.

Tiap folikel rambut akan melewati siklus yang mencakup anagen dan telogen sebelum rambut rontok. Siklus ini akan berulang selama folikel rambut masih aktif. (RY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *