HeadlineLensa Terkini

Job Fair Nasional, Menaker Ida Sebut Pengangguran di Indonesia Menurun

Dalam gelaran Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2022 yang berlangsung pada 28-30 Oktober 2022 di Jakarta Convention Centre (JCC), Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengkaim bahwa angka pengangguran di Indonesia telah mengalami penurunan sepanjang pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah atas kerja keras stakeholder ini, pengangguran bisa kita turun menjadi 5,83%,” kata Ida, dikutip pada Senin (31/10).

Bersamaan dengan penurunan angka pengangguran itu, Ida menjelaskan bahwa setiap tahunnya, Indonesia tercatat menambah angkatan kerja baru sebesar 4,2 juta orang.

Penambahan kuota per tahun itu diperkirakan akan mencapai lonjakan pada 2030 mendatang. Sehingga, gelaran Job Fair semacam itu akan dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Melihat hal itu, Ida menyebut bahwa pemerintah terus fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan vokasi.

“Dalam konteks ini, pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi menjadi solusi untuk meningkatkan daya saing angkatan kerja dan mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Sementara Job Fair Nasional 2022 sendiri digelar secara hybrid dan disebut telah dikunjungi oleh lebih dari 100 ribu orang.

Jumlah tersebut terdiri atas alumni pendidikan dan pelatihan vokasi, mahasiswa, instruktur, dosen dan guru, praktisi pelatihan, asosiasi profesi/asosiasi industri, pemerhati pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, serta masyarakat umum.

Banyaknya masyarakat yang berkunjung ke Job Fair Nasional itu diakui Ida sebagai wujud antusias masyarakat untuk memantau kesiapan pemerintah dalam sektor ketenagakerjaan.

“Pemerintah siap (untuk) menyiapkan kompetensi bagi masyarakat, baik bagi masyarakat yang membutuhkan skilling, upskilling atau reskilling,” tutupnya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *