Lensa Jogja

Berdayakan Mustahik di Bantul, BAZNAS Launching Usaha Z-Chicken

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan program usaha ayam goreng crispy Z-Chicken untuk memberdayakan mustahik yang berada di wilayah Kabupaten Bantul.

Program ini merupakan upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan mustahik melalui dana zakat infak dan sedekah. Produk usaha Z-Chicken di Kabupaten Bantul ini nantinya siap bersaing dengan franchise fried chicken ternama.

Usaha ini nantinya pun akan diserahkan dan dikelola para mustahik (penerima zakat) di Kabupaten Bantul.

Selain itu, program ini juga diklaim mampu menekan angka kemiskinan di Kabupaten Bantul, yang saat ini masih ada di angka 14%. Program bantuan berbasis dana zakat, infak dan sedekah itu akan diintegrasikan dalam sebuah ekosistem kanal distribusi yang dikelola oleh mustahik.

Mulai dari penyediaan bahan baku utama, peternakan ayam, pengelolaan lahan pertanian, penyediaan pakan ternak hingga bahan ayam goreng akan dikelola dalam sebuah koperasi usaha oleh mustahik.

“Nah, ini semua kita integrasikan dalam ekosistem channel distribusi yang semua dikelola oleh mustahik. Dengan demikian, ini ada ekosistem yang terintegrasi dan tidak ada ruang untuk eksploitasi oleh pihak lain,” jelas Saidah Sakwan, selaku Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bantul dan Pimpinan BAZNAS RI di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, Kamis siang (20/10).

Sedikitnya ada 41 mustahik penerima bantuan yang masing-masing menerima paket alat berjualan Z-Chicken, berupa gerobak dan seperangkat alat memasak, termasuk pelatihan pengolahan makanan senilai Rp12.500.000.

Melalui program Z-Chicken, para mustahik diharapkan mampu menjadi seorang muzaki melalui jalan wirausaha guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarganya. (JP/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *